ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ahok Cabut Banding, Jaksa Agung: Berarti Dia Akui Kesalahannya

Foto: Detik
0 559

JAKARTA—Terkait pembatalan pengajuan memori banding yang dilakukan terpidana kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Senin (22/5/2017) kemarin, Kejaksaan Agung menilai bahwa Ahok telah mengakui kesalahannya.

“Ketika Ahok mencabut bandingnya, berarti dia sudah menerima keputusan Pengadilan Negeri, dia (Ahok) mengaku bersalah, tentunya secara yuridis tentunya dia telah menerima tuduhan yang dibuktikan oleh hakim,” ujar Jaksa Agung M Prasetyo di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, lansir Republika, Selasa (23/5/2017).

Jadi, menurut Prasetyo, Jaksa Penuntut Umum (JPU) perlu untuk mengkaji lagi relevansi dan urgensinya dari upaya banding yang telah diajukan JPU.

“Kita akan kaji dulu relevansi dan urgensi JPU dalam mengajukan banding juga seperti apa. Karena hukum itu bukan cuma kepastian keadilan, tapi juga kemanfaatan dengan melihat bagaimana perkembangan selanjutnya,” jelasnya.

Seperti diketahui, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok divonis hukuman dua tahun penjara oleh majelis hakim pengadilan negeri Jakarta Utara. Ahok dianggap telah melakukan penistaan agama dengan menyitir surat Almaidah ayat 51 saat berkunjung di pulau Pramuka, Kepulauan Seribu tahun lalu.

Sementara itu pihak Ahok, memutuskan mencabut permohonan banding tidak lain untuk kepentingan semua. Dalam kesempatan itu juga, Veronica, istri terpidana, membacakan surat dari Ahok untuk para pendukungnya serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pendukungnya termasuk para relawan. []

Comments
Loading...