islampos
Media islam generasi baru

Ada Kasus Shalat Tidak Menghadap Kiblat di Garut, MUI: Itu Sesat

0

JAKARTA–Masyarakat Garut, Jawa Barat, khususnya kampung Tegalgede, resah karena perilaku kelompok tertentu yang menunaikan shalat namun tidak menghadap Ka’bah (arah kiblat—red).

Menanggapi kabar tersebut, Wakil Ketua Komisi Hukum MUI pusat Anton Tabah Digdoyo menyatakan jika berita tersebut benar, maka negara harus segera bertindak tanpa harus menunggu laporan masyarakat apalagi fatwa MUI karena hal tersebut termasuk penodaan agama.

“Kasus shalat tidak menghadap ke arah ka’bah jelas sesat, karena itu MUI minta polri cepat melakukan tindakan,” ujar Anton seperti dikutip dari dari Republika, Ahad (26/3/2017).

Menurut Anton kasus penodaan agama memeiliki efek yang mampu membuat keresahan sangat tinggi di masyarakat. Untuk itu mesti segera dilakukan antisipasi, agar penistaan agama tidak menjadi konflik sosial.

Pemerintah sendiri melalui UU nomor 1 PNPS 1965 tentang penodaan agama memberikan ancaman hukuman pidana cukup berat, yang kemudian diperkuat oleh KUHP Pasal 156a.

Di era pemerintahan saat ini, lanjut Anton, jumlah kasus penodaan agama sangat meningkat. “Namun Polri terkesan ragu bertindak dengan dalih mesti menunggu laporan masyarakat,” pungkas Anton. []

 

Pewarta: Ari Cahya.

loading...
loading...