ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Lukisan Yahudi Dicuri, Panitia Pameran: Ini Memalukan bagi Yahudi Brasil

Foto: Haaretz
0

BRASIL—Kelompok seniman wanita Yahudi dikabarkan tengah berencana menggelar sebuah pameran lukisan di Rio, Brasil. Sayangnya mereka harus mengalami kekecewaan lantaran lukisan karya 35 wanita Israel justru digondol pencuri.

“Kami benar-benar kewalahan. Kami kecewa karena kurangnya keamanan dari semua pihak,” ungkap Silene Balassiano, Presiden Organisasi Zionis Internasional Perempuan (WIZO), Haaretz melaporkan pada Senin (27/2/2017).

Lukisan berjudul “Perempuan dan Pohon Zaitun” yang menyampaikan pesan toleransi, menghilang pada Rabu (22/2/2017) pekan lalu. Lukisan ini dicuri ketika diangkut dari Sao Paulo ke Rio, kota terbesar kedua di Brasil yang menjadi rumah bagi Yahudi terbesar.

“Gara-gara pencurian ini, ratusan orang yang berencana datang ke pameran ini mungkin akan merasa tidak puas. Ini memalukan bagi kami dan untuk seluruh Yahudi Brasil,” tambah Balassiano.

Sebelumnya, lukisan-lukisan yang termasuk ke dalam WIZO Afula Community Center di Israel telah dipamerkan di Sao Paulo. Pameran kedua dijadwalkan akan dibuka pada 8 Maret mendatang untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di pusat budaya Midrash di Rio.

Polisi setempat tengah menyelidiki kasus ini. Selain itu, sebuah kampanye di media sosial juga telah diluncurkan Yahudi untuk memperkuat bahwa “Lukisan tidak memiliki nilai komersial, namun nilai seninya tak ternilai.” []

loading...
loading...