ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Iran Beli 950 Ton Uranium dari Kazakhstan

0

IRAN—Kepala Urusan Nuklir Iran dikabarkan telah menyatakan bahwa pemerintahnya telah membeli 950 ton konsentrat uranium dari Kazakhstan. Pembelian akan dilakkukan selama tiga tahun ke depan untuk membantu mengembangkan program reaktor sipil.

Ali Akbar Salehi, Kepala Organisasi Energi Atom Iran, mengatakan bahwa kesepakatan jual beli ini akan berlangsung “dalam waktu tiga tahun,” Alarabiya melaporkan pada Sabtu (25/2/2017).

“650 ton akan masuk ke Iran yang terbagi dalam dua kiriman, 300 ton akan masuk Iran pada tahun ketiga,” kata Salehi.

Salehi mengatakan pengiriman akhir konsentrat, yang dikenal sebagai ‘kue kuning,’ akan berubah menjadi gas uranium hexafluoride dan dijual kembali ke Kazakhstan. Ini merupakan penjualan internasional pertama dari senyawa yang digunakan dalam proses pengayaan uranium.

Senjata nuklir membutuhkan uranium yang diperkaya ‘kue kuning‘ sebanyak 80 persen atau lebih.

Salehi mengatakan Iran telah menerima sekitar 382 ton kue kuning, terutama dari Rusia, sejak kesepakatan nuklir mulai berlaku pada Januari 2016.

Berdasarkan kesepakatan itu, Iran diperbolehkan untuk menguji model senjata nuklir yang lebih canggih yang dapat menghasilkan jumlah yang lebih besar dari uranium yang diperkaya – semua di bawah pengawasan ketat dari badan atom PBB. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...