Penyakit Maag, Apa Penyebabnya?

Foto: kesehatan96
0

Assalamua’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Ustadz Yudhistira, saya seorang pegawai pabrik dan punya keluhan sakit di ulu hati, kembung, dada sesak dan mual. Pertanyaannya, penyakit apa yang sering saya alami ini? Jazakallah.

IBU TITIN/HP.08121214XXX        

Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Ibu Titin yang dirahmati Allah SWT, apa yang dialami ibu biasanya merupakan ciri-ciri orang yang terkena penyakit maag. Sakit maag sering terjadi diakibatkan oleh pola hidup yang kurang baik.

Akibat berbagai kesibukan atau rutinitas yang biasa kita kerjakan tiap hari, kadang membuat kita terlambat untuk makan sehingga sakit maag datang tanpa kita sadari. Pola hidup ini sering kita alami tanpa memerhatikan kesehatan pada diri kita.

Kita lebih mementingkan pekerjaan daripada kesehatan sendiri. Kadang kita menggap remeh penyakit maag. Penyakit maag pada awalnya dipicu oleh sakit pada lambung, padahal penyakit maag ini apabila tidak ditangani dengan tepat bisa saja mengganggu tubuh secara keseluruhan, apalagi kalau sakit yang diderita pada lambung sudah tergolong kronis.

Kita harus tahu bagaimana gejala penyakit maag. Sakit maag dan radang lambung yang terjadi lantaran adanya iritasi atau luka yang berada di lapisan mukosa lambung. Hal ini menyebabkan dinding pada lambung menjadi bengkak dan merah, bahkan berdarah. Luka ini bisa saja menjalar sampai ke usus dua belas jari. Ini semua terjadi karena produksi asam lambung berlebih sehingga menyebabkan nyeri dan mual bagi penderita.

Penyakit maag dapat menyerang siapa saja dan penyakit ini sewaktu-waktu akan kembali jika si penderita melakukan pola hidup/ makan yang salah sehingga dapat memicu terjadinya luka pada lambung.

Berikut ini beberapa gejala umum sakit maag yang diambil dari beberapa sumber.

1.Sering kali timbul rasa mual dan selalu ingin muntah

2.Ulu hati (perut bagian atas) sering terasa nyeri dan pedih serta diselingi dengan napas sesak perut kembung

3.Kurangnya nafsu makan ketika rasa mual itu datang, wajah menjadi pucat dan sering sendawa karena perut menjadi kembung

4.Kepala terasa pusing, sulit untuk tidur, suhu badan naik dan keluar keringat dingin

Selain itu, beberapa penderita dengan radang lambung yang sudah terlalu parah juga mengalami pendarahan pada lambung sehingga ketika penderita muntah akan mengeluarkan darah berwarna kehitaman seperti kopi. Radang lambung yang sudah terlanjur kronis dapat menyebabkan kematian.

Penyebab penyakit maag sebagian besar berawal dari diri kita sendiri yang memiliki pola hidup dan makan yang salah. Adapun penyebab sakit maag secara umum adalah sebagai berikut:

1.Tekanan emosional dan stress yang disebabkan oleh beban pikiran yang berlebih

2.Terlalu berlebihan dalam memproduksi asam lambung dan pepsin

3.Lapisan mukosa lambung mengalami luka sebagai akibat kelebihan asam lambung hingga 4.menimbulkan luka, iritasi dan peradangan pada lambung

5.Menunda atau terlambat makan dan ketika makan dilakukan secara berlebih

6.Mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, minuman beralkohol, obat-obatan tertentu dan mengonsumsinya secara berlebihan atau tidak sesuai dosis.

Pada beberapa orang, maag juga disebabkan akibat terdapatnya penyakit lain, seperti infeksi bagian dalam tubuh karena bakteri, anemia, penyakit pada ginjal, diabetes, dan efek samping dari penggunaan obat untuk penyakit lain. Solusi bagi penderita maag adalah rutin berbekam dan minum air dengan pH seimbang (kanggen water).

Semoga jawaban yang saya sampaikan bemanfaat untuk semua pembaca. Wallahualam. []