ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

850 Ribu Pengungsi di Turki Segera Diberi Kartu Debit Khusus

Foto: Andolu Agency
0

ANKARA—Lebih dari 850 ribu pengungsi di Turki segera menerima kartu debit khusus. Kartu debit tersebut merupakan hasil kerjasama antara Bulan Sabit Merah Turki dengan European Commission Humanitarian Aid Office (ECHO).

“Sampai bulan ini, lebih dari 850 ribu pengungsi yang mendapat perlindungan internasional sementara, akan menerima kartu tersebut dan menerima transfer bulanan,” ujar Jane Lewis, pimpinan, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Sabtu (5/8/2017).

Lewis juga mengatakan bahwa transfer bulanan untuk setiap pengungsi, yang tinggal di luar kamp pengungsian dan terdaftar oleh kantor perwakilan migrasi regional, telah meningkat dari 100 lira Turki menjadi 120 lira Turki per bulannya.

“Kami berharap pada bulan September, kita akan memiliki sejuta orang di bawah program ini,” kata Lewis. “Namun, target sebenarnya adalah 1,314 juta, tergantung siapa yang berhak menerima kartu tersebut.”

Seperti diketahui, Turki menampung lebih banyak pengungsi Suriah daripada negara lainnya di dunia. Sejauh ini, Turki telah menggelontorkan dana sekitar $ 25 miliar untuk membantu dan melindungi pengungsi sejak awal perang Suriah.

Dengan kartu debit tersebut, para pengungsi dapat berbelanja di merchant dengan mesin kartu debit Turkish Halkbank dan menarik uang dari ATM.

Perang di yang menghancurkan telah berkecamuk sejak awal 2011, ketika rezim Bashar al-Assad menindak demonstrasi pro-demokrasi dengan tindakan brutal yang tak terduga.

Sejak saat itu, ratusan ribu orang diyakini terbunuh dan jutaan lainnya mengungsi akibat konflik tersebut.[]

loading...
loading...