Ini 6 Keistimewaan Bulan Sya’ban

0

TAK terasa kita sudah memasuki bulan Sya’ban, bulan kedelapan dalam kalender hijriah Islam. Sya’ban adalah salah satu bulan yang mulia. Bulan ini adalah pintu menuju bulan Ramadhan. Siapa yang membiasakan diri bersungguh-sungguh dalam beribadah di bulan ini, ia akan akan menuai kesuksesan di bulan Ramadhan.

Dinamakan Sya’ban, karena pada saat itu terpancar bercabang-cabang yang banyak (yatasya’abu minhu khairun katsir). Dengan kata lain, Sya’ban berasal dari kata ‘Syi’b,’ yaitu “Jalan di sebuah gunung atau jalan menguntungkan.” Dalam bulan ini terdapat banyak kejadian dan peristiwa yang menarik dari kaum kaum muslimin.

1 1.Pindah Kiblat

<strong data-recalc-dims=1.Pindah Kiblat" />

Pada bulan Sya’ban, Kiblat berpindah dari Baitul Maqdis, Palestina ke Ka’bah, Makkah al Mukarromah. Nabi Muhammad SAW menanti-nanti datangnya perpindahan ini dengan harapan yang sangat tinggi. Setiap hari Beliau tidak lupa menengadahkan muka ke langit, menanti datangnya wahyu dari Rabbnya. Sampai akhirnya Allah SWT mengabulkan penantiannya. Wahyu Allah SWT turun: “Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya.” (QS. Al Baqarah: 144)

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline