ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini 5 Tips Atasi Malas Belajar

0

Advertisements

SEBAGAI seorang pelajar, belajar harus menjadi santapan sehari-harinya. Sebab, dunia pendidikan tidak akan berhasil dengan baik, jika tidak dilalui dengan kesungguhan dalam belajar. Maka, alangkah lebih baik, belajar harus dilakukan secara rutin. Bukan hanya ketika ada tugas atau ujian saja.

Penyakit yang banyak diderita oleh seorang pelajar ialah rasa malas. Ya, malas merupakan suatu kondisi di mana tubuh enggan melakukan aktivitas yang seharusnya dikerjakan. Biasanya, hal ini terjadi akibat adanya hal lain yang menarik perhatiannya, seperti menonton televisi, bermain dan hal lain yang semisal dengannya. Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa malas tersebut?

1. Mengganti Posisi Duduk Ketika Sedang Belajar

Bila Anda sedang dalam proses belajar dan tiba-tiba menjadi malas cobalah untuk mengubah posisi duduk Anda. Berdirilah selama beberapa detik lalu duduklah kembali dengan posisi yang membuat tubuh Anda nyaman. Jika perlu Anda bisa mengganti kursi yang Anda gunakan untuk duduk agar bisa kembali fokus dalam proses belajar.

2. Pindah Tempat Belajar

Tempat belajar yang digunakan selama beberapa jam akan membuat Anda memicu rasa malas dan bosan. Oleh karena itu, untuk menyiasatinya agar tidak bosan dalam belajar adalah dengan berpindah lokasi belajar. Misalkan Anda beralih dari belajar di kamar tidur ke ruang tamu.

3. Lakukan Relaksasi

Bila tubuh serta otak Anda dipaksa terus-menerus bisa terbebani dan lama-lama bisa membuat konsentrasi Anda menjadi buyar. Untuk menghilangkan rasa jenuh dan penat tersebut, Anda bisa melakukan rileksasi atau penyegaran tubuh selama beberapa menit. Anda bisa melakukan relaksasi dengan pergi ke taman yang memiliki udara sejuk, ke kolam renang atau mungkin pergi ke pantai yang memiliki pasir putih ombak yang tenang serta pasir putih yang indah.

4. Sambil Makan Camilan

Agar suasana belajar menjadi lebih menyenangkan Anda bisa selingi kegiatan itu dengan aktivitas lain seperti makan camilan yang sehat. Anda dapat menyediakan buah-buah segar seperti pisang atau apel di meja belajar. Ketika Anda sedang belajar dan memahami materi selingilah dengan memakan buah-buahan yang telah disediakan. Pergerakan mulut akan membuat otak Anda tidak hanya fokus pada belajar saja. Sehingga akan mengurangi rasa jenuh yang ditimbulkan pada saat belajar.

5. Ubah Pola Belajar

Bila selama ini Anda belajar dengan membaca dan menghafal saja, mungkin sudah saatnya Anda mengubah pola belajar agar tidak cepat bosan. Anda bisa mencari proses belajar alternatif seperti dengan mendengarkan audio atau video materi yang sedang dipelajari. Saat ini hal itu sangat mungkin dilakukan karena sudah tersedianya berbagai fasilitas seperti DVD, laptop atau tape recorder. []

SUMBER: SARUNGPRENEUR

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline