5 Terowongan Pejuang Palestina Dihancurkan Israel

0

PALESTINA—Militer Israel dilaporkan telah menghancurkan terowongan bawah tanah “Terpanjang dan terdalam” yang pernah ditemukan. Laporan ini disampaikan Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman pada Sabtu (14/4/2018).

Menurut laporan, terowongan tersebut merupakan terowongan yang digali oleh para pejuang Hamas di wilayah utara wilayah Gaza. Ini adalah terowongan kelima yang dihancurkan Israel dalam beberapa bulan terakhir, menurut Letnan Kolonel Jonathan Conricus, seorang juru bicara militer Israel.

Conricus mengatakan terowongan itu terletak di sebelah lokasi aksi pawai Kepulangan Akbar di perbatasan Gaza. Saat ini perbatasan Gaza menjadi tempat warga Palestina menggelar aksi protes damai namun ditanggapi Israel dengan tembakan penembak jitu dan gas air mata.

Pasukan Israel menembak dan menewaskan sedikitnya 34 demonstran Palestina tidak bersenjata yang menyerukan ‘hak kembali’ bagi para pengungsi Palestina.

Conricus mengatakan Hamas mulai membangun terowongan setelah pengepungan Israel tahun 2014 di Gaza yang menyebabkan lebih dari 2.000 orang Palestina tewas dan 10.000 terluka. Pasukan keamanan Israel telah memantau terowongan selama bertahun-tahun, tetapi memilih untuk menghancurkannya setelah mencapai “puluhan meter” ke wilayah Israel, menurut militer Israel.

Israel telah menempatkan prioritas tinggi untuk menghancurkan terowongan setelah Hamas menyusup ke Israel selama perang 2014. []

SUMBER: ALARABY

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline