Jeremy Corbyn Desak Inggris Tunda Penjualan Senjata ke Israel

0

INGGRIS—Ketua Partai Buruh Inggris Jeremy Corbyn telah menyerukan peninjauan kembali penjualan senjata ke Israel. Corbyn menyerukan hal ini untuk mengutuk tindakan “ilegal dan tidak manusiawi” yang dilakukan tentara Israel terhadap warga Palestina yang menggelar aksi ‘Kepulangan Akbar’ di perbatasan dengan Gaza.

Corbyn membacakan seruan tersebut pada Sabtu (7/4/2018) dalam sebuah aksi demonstrasi untuk mendukung rakyat Palestina di luar kantor perdana menteri di Downing Street. Lalu Corbyn memposting seruan tersebut di halaman Facebook pribadinya.

“Aksi pembunuhan dan menyerang demonstran Palestina yang tidak bersenjata oleh pasukan Israel di Gaza adalah kejahatan. Mereka memiliki hak untuk memprotes kondisi mereka yang mengerikan dan mengalami blokade terus-menerus dan pendudukan tanah Palestina. Kami mendukung hak mereka untuk kembali ke rumah mereka dan hak mereka untuk menentukan nasib sendiri,” ujar Corbyn.

“Menembakkan senjata ke arah kerumunan warga sipil tak bersenjata adalah tindakan ilegal, tidak manusiawi dan tidak bisa ditoleransi,” kata Corbyn dalam pernyataannya.

“Pemerintah Inggris harus mendukung seruan Sekretaris Jenderal PBB untuk penyelidikan internasional independen terhadap pembunuhan demonstran di Gaza dan meninjau penjualan senjata yang dapat digunakan dalam pelanggaran hukum internasional,” tambah Corbyn.

Pesan Corbyn muncul sehari setelah sembilan warga Gaza Palestina, termasuk seorang wartawan meninggal dalam aksi protes di perbatasan dengan Israel. []

SUMBER: JPOST

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline