ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

8 Perbuatan Ini Hilangkan Berkah Puasa Sunnah

0

SIA-SIA jika kita berpuasa hanya mendapatkan lapar dan haus seharian. Tanpa mendapatkan keberkahan yang kita inginkan dari puasa sunnah yang kita jalankan. Padahal kita selalu merasa kita telah menjalakan puasa sunnah dengan semestinya. Seperti, menahan lapar dan haus, berniat dengan sungguh-sungguh, bangun malam untuk sahur, dan sebagainya.

Ternyata tanpa disadari bahwa kita telah kehilangan berkah berpuasa sunnah. Supaya kita tidak kehilangan berkah puasa sunnah, maka dari itu kita harus tahu perbuatan yang dapat menghilangkan keberkahan puasa sunnah, sebagai berikut:

1.Memandang segala sesuatu dengan syahwat. Misalnya, seorang laik-laki melihat perempuan yang berpenampilan seksi, kemudian ia berpikir atau bertindak yang tidak senonoh terhadapnya.

2.Berkata jelek atau kotor. Misalnya, berkata-kata kasar dan tidak sopan terhadap orang lain.

3.Melakukan perbuatan sia-sia dan merugikan orang lain. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Puasa bukanlah soal makan dan minum semata, tetapi puasa itu menahan diri dari perbuatan sia-sia dan keji. Jika ada orang yang mencelamu, maka katakanlah, ‘Aku sedang puasa, aku sedang puasa’,” (HR Ibnu Majah dan Hakimi).

4.Mendengarkan segala hal yang buruk. Misalnya bergosip, bergunjing, mengolok-ngolok, dan menjelek-jelekkan seseorang.

5.Berbohong. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan (tetap) mengamalkannya, maka tidaklah Allah butuh (atas perbuatannya meskipun) meninggalkan makan dan minumannya,” (HR Al-Bukhari).

6.Bergosip. Hal ini sangat dilarang oleh ajaran islam. Sebab perbuatan buruk tersebut dapat menyakiti hati orang yang digosipkan. Dari pada bergosip lebih baik menggantinya dengan berdzikir agar kita selalu mengingatNya.

7.Adu Domba. Tindakan ini membuat seseorang berselisih dengan orang lainnya. Selain itu juga adu domba dapat menimbulkan peperangan dan perpecahan yang dapat menyengsarakan banyak orang.

8.Sumpah palsu. Berhati-hatilah dengan bersumpah! Dan jangan mudah berkata, “Demi Allah,” apalagi perkataan itu digunakan dalam supah palsu. Sebagaimana hadis Rasulullah SAW bersabda: “Lima hal yang dapat menghilangkan pahala (termasuk berkah) orang yang berpuasa, yakni berbohong, menggunjing, mengadu domba, bersumpah palsu, dan memandang dengan syahwat,” (HR Bukhari dan Muslim).

8 perilaku kita yang dapat menghilangkan keberkahan dalam puasa sunnah yang kita jalani. Sehingga hal yang kita dapatkan hanyalah lapar, haus, lelah dan lesu saja. []

Sumber: Cerdas Interektual dan Spiritual dengan Mukzijat Puasa/Yazid Al-Busthami/DIVA Perss/2015

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...