ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

8 Bahaya Berkeluh Kesah

Foto: All Mac Wallpaper
0

JAZA’ secra bahasa artinya terputus (Maqayisul Lughah, Ibnu Faris 1/453) Menurut istilah, keluh kesah adalah menampakkan sesuatu yang dialami oleh orang yang terkena musibah, berupa kegalauan dan kegundahan. A(Al-Faruq hal.200) Berkata ar Raghib, “Keluh kesah adalah kesedihan yang menyeret seseorang hingga tidak bisa berkonsentrasi, bahkan terputus dari urusannya.” (Al-Mufradat hal. 194-195, at-Taufiq ‘ala Muhimmati at-Ta’rif hal. 125).

Ada pun bahaya keluh kesah sebagai berikut:

1. Berkeluh kesah termasuk mendoakan kejelekan kepada diri sendiri
2. Berkeluh kesah tidak mendatangkan manfaat apa-apa. Abu Bakr ra berkata kepada keluarga yang tertimpa musibah, “Tidak ada musibah jika terhibur, dan tidak ada manfaatnya berkeluh kesah.” (At-Tamhid, Ibnu Abdil Barr 19/325)
3. Tidak mendapatkan pahala dari musibahnya, bahkan musibahnya semakin bertambah. Berkata Ibnul Qayyim, “Berkeluh kesah tidak memberikan manfaatnya kecuali luputnya pahala dan berlipatnya musbah.” (Thariqul Hijratain hal.218) Berkata Ibnu As-Samak, “Musibah itu ada satu, namun menjadi dua apabila dia berkeluh kesah. Yaitu kehilangan lantaran musibah tersebut dan kehilangan pahalanya.” (Rabi’ul Abrar, Az-Zamakhsyari 3/98).
4. Berkeluh kesah akan menimbulkan penyakit. Berkata Al-Fudhail Ibnu ‘Iyadh, “Keluh kesah akan membuat sakit, sedang sakit akan mengantar kepada kematian dan sehat akan mengantarkan pada kehidupan.” (At-Tadzkiratul Hamdaniyyah, Ibnu Hamdun 1/183)
5. Suuzhan kepada Allah. Berkata Muhammad bin Ka’b Al-Qurazhi, “Keluh kesah adalah perkataan jelek dan prasangka yang jelek.” (Dikeluarkan oleh al-Bukhari secara mu’allaq sebelum hadist 1301)
6. Berkeluh kesah akan menambah dosa dan azab di akhirat. Rasulullah SAW bersabda,”Dahulu ada seseorang sebelum kalian yang terluka dan berkeluh kesah (tidak sabar), lantas dia mengambil pisau dan mengerat tangannya. Darahnya terus mengalir sampai ia meninggal. Allah berkata, ‘Hamba-Ku mendahului-Ku dengan membunuh dirinya. Aku mengharamkan baginya surga.” (HR. Bukhari:3463, Muslim: 113)
7. Berkeluh kesah akan membuat orang disekitarnya susah dan bosan
8. Keluh kesah adalah sifat yang dibenci Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya, “Yang paling jelek ada pada diri seseorang adalah kikir lagi banyak berkeluh kesah dan pengecut yang keterlaluan.” (HR. Abu Dawud, dishahihkan oleh Albani dalam ash-Shahihah: 560). []

Sumber: Majalah Al-Mawaddah Vol. 96

loading...
loading...