ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

7 Tips agar Rajin Sholat

0

Advertisements

SHOLAT adalah tiang agama. Dalam Islam, sholat lima waktu hukumnya wajib. Sholat lima waktu juga menjadi ciri seorang muslim.

Related Posts
1 of 3

Jika dia sholat, itu artinya dia muslim. Namun, nyatanya tak sedikit orang Islam yang masih meninggalkan ibadah wajib ini dengan berbagai alasan. Ada yang bangun kesiangan, terlalu sibuk, badan terlanjur kotor, sedang diperjalanan, sakit, dan lebih parah lagi adalah alasan “malas”.

Padahal Rasulullah SAW telah bersabda, “Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah shalat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Majah)

Demikian pentingnya sholat, maka motivasi dan kesadaran untuk menjalankannya harus lah diperkuat. Bagaimana caranya?

Berikut ini ada beberapa tips sederhana agar kita rajin mengerjakan sholat:

1. Jadikan sholat 5 waktu sebagai bagian dari aktivitas terpenting

Dalam sehari kita makan 2-3 kali dengan jadwal pagi, siang, sore atau malam. Jika tidak makan, pasti dampaknya akan sangat terasa pada tubuh kita. Begitupun dengan sholat, apapun rutinitas yang sedang dilakukan, ketika masuk waktu sholat, maka segeralah untuk menunaikan sholat. Jika kita terlambat sholat apalagi sampai tidak melakukan sholat maka hati akan terasa gelisah dan tidak tenang. Maka jadikan sholat sebagai kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh kita.

2. Ingat bahwa sholat merupakan salah satu tanda rasa syukur

Kita telah diberikan limpahan karunia dan nikmat oleh Allah SWT, dapat menghirup udara segar, diberi kesehatan, diberi rezeki, kebahagiaan, kasih sayang, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara kita mensyukuri atas segala nikmat yang Allah berikan tersebut kepada kita? yakni dengan cara bersujud dan menyembah-Nya. Bersyukur tidak hanya diucapkan oleh lisan, tetapi juga dibuktikan dengan ketaatan dalam beribadah kepada-Nya.

3. Mengetahui kenapa kita diwajibkan sholat 5 waktu

Ini adalah hal penting yang membuat saya pribadi tidak akan meninggalkan sholat 5 waktu apapun alasannya. Karena sholat lima waktu merupakan ibadah yang pertama kali dihisab kelak pada hari akhir, sholat lima waktu merupakan tiangnya agama, penghapus dosa-dosa kecil dari waktu ke waktu (dhuhur ke ashar, ashar ke magrib, maghrib ke isya, isya ke subuh, subuh ke dhuhur). Dalam setiap waktu pasti kita melakukan dosa, oleh karenanya selain istighfar, sholat lima waktu merupakan cara kita untuk menghapus dosa-dosa kecil.

4. Jangan tunda waktu sholat

Menunda-nunda waktu sholat akan membuat kita malas, karena syetan akan selalu berusaha untuk menggoda dan selalu aktif membisikkan umat Muhammad untuk senantiasa ingkar, sehingga ia lalai dalam melaksanakan kewajibannya. Menunda waktu sholat sama saja kalah dengan rayuan syetan yang terkutuk.

Cara untuk mengantisipasi penundaan sholat adalah menunda aktivitas lain yang menghalangi sholat tepat waktu, seperti menunda bepergian jika sesaat lagi waktu sholat tiba. Selain itu, atur pertemuan dengan siapapun agar tidak bertabrakan dengan waktu sholat.

5. Berteman dengan orang-orang yang rajin sholat

Jika kita berteman dan berada didekat orang-orang yang rajin sholat, maka keberadaan mereka akan sangat berpengaruh dalam membantu kita untuk rajin dalam melaksanakan sholat 5 waktu. Tidak salah bahwa berteman dengan orang-orang shaleh akan membuat kita lebih dekat kepada Sang Maha Pencipta.

6. Ingat bahwa mati bisa datang kapan saja

Hidup hanya sekali dan pertanggung jawabannya di akhirat sangat besar. Jika tidak sholat, semua perbuatan baik kita tidak ternilai di mata Allah SWT. Karena sholat merupakan ibadah yang paling utama. Jika dinanti-nanti, menunggu sampai waktu luang atau masa tua, siapa yang dapat menjamin bahwa kematianmu di hari tua? Maut bisa datang kapanpun, dimanapun, tak mengenal waktu dan memandang usia.

7. Percaya bahwa siksaan dan neraka itu ada

Penting bagi kita umat Muslim mengetahui dan yakin akan adanya siksaan dan neraka yang disediakan untuk orang-orang yang meninggalkan sholat. Dunia ini hanya tipuan belaka. Jangan sampai kita menyesali setelah kita tiada lagi di dunia ini. Oleh karenanya, kita harus mengetahui terlebih dahulu manfaat, keutamaan dan keistimewaan sholat serta bahaya dan siksaan bagi yang meninggalkan sholat.

Kunci keberhasilan 7 tips tersebut tentunya terletak pada aplikasi atau pengamalannya. Selanjutnya, kunci yang tak kalah penting adalah istiqomah dalam menjalankannya. []

SUMBER: CATATAN MOESLIMAH

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline