ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

7 Hikmah di Balik Cobaan

Foto: Aqieb
0

COBAAN seringkali dikaitkan dengan kegagalan. Dalam hal apapun tentunya manusia sering sekali mengalami kegagalan. Namun di balik setiap cobaan atau kegagalan tersebut tentunya bayak hikmah yang tersirat di dalamnya. Berikut 7 hikmah di balik cobaan yang sering kita alami:

Pertama, kita harus yakin bahwa setiap perbuatan memiliki risiko

Untuk mengurangi tekanan psikologis dalam berikhtiar, kita harus yakin bahwa Allah SWT Maha Bijaksana. Tidak mungkin Allah membiarkan hamba-Nya begitu saja. Pasti ada sesuatu dari setiap hasil yang dicapai.

Kedua, kita harus yakin bahwa Allah menguji daya tahan kita dengan memberikan suatu usaha yang cukup membawa resiko. Kita bisa disebut muslim yang tangguh apabila mampu mengarungi lautan kehidupan yang bergelombang.

Ketiga, selalu bersabar atas sesuatu yang tidak diinginkan dan bersyukur dengan apa yang telah terjadi.

Keempat, yakinlah bahwa Allah mempunyai kehendak dan rencana yang pasti lebih baik daripada setiap rencana yang dibuat manusia.

Kelima, kita harus menyadari bahwa yang pernah mengalami kegagalan bukan hanya kita saja, melainkan semua orang pasti pernah mengalami kegagalan.

Keenam, kita harus tahu bahwa semua orang yang sekarang berada dalam kesksesan, pernah mengalami kegagalan-kegagalan dalam hidupnya.

Ketujuh, hanya orang yang pernah mengalami kegagalan yang akan dapat benar-benar menikmati kesksesan.

Dengan memiliki prinsip di atas, tentunya kita akan merasakan ketenangan dari setiap apa yang akan kita hadapi ataupun yang telah kita alami. Semoga Allah senantiasa menguatkan hati kita untuk selalu bersyukur atas nikmat-Nya. []

Sumber: Setiawan, Hendra. 2014. Agar Selalu Ditolong Allah: Bandung. Jabal

loading...
loading...