Di Sidang UNHCR, Afrika Selatan Sebut Israel Satu-Satunya Negara Apartheid di Dunia

0

JENEWA—Dalam sambutan yang disampaikan pada sidang Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHRC) di Jenewa, Swiss, Afrika Selatan menggambarkan Israel sebagai satu-satunya negara apartheid di dunia.

Dalam sambutan pada Konferensi Periodik Universal Israel, yakni pertemuan dimana setiap anggota PBB memiliki catatan hak asasi manusia yang dinilai setiap lima tahun, perwakilan Afrika Selatan mengatakan bahwa Israel adalah satu-satunya negara di dunia yang dapat digambarkan sebagai negara apartheid.

Komentar tersebut dikutip dari cuitan John Fisher, direktur Jenewa Human Rights Watch.

Beberapa cuitan lain dari rekannya, Omar Shakir juga turut mendukung pernyataan yang sama. Catatan tentang Israel yang dibuka dalam pertemuan tersebut mengungkapkan pelanggaran yang dilakukan negara Zionis tersebut.

“Hari ini di Jenewa, PBB melakukan peninjauan kembali catatan hak asasi manusia selama 5 tahun terakhir. @hrw melakukan tinjauan sendiri, menemukan Israel melakukan kejahatan perang & bahwa pelanggaran hak asasi manusia & diskriminasi institusional terhadap warga Palestina yang sistematis # UPR29,” tulis Shakir.

Cuitan lainnya mengungkapkan bahwa dalam pertemuan itu negara anggota lainnya, termasuk Jerman, juga turut menyoroti dan mengkritik kebijakan Israel tentang “hukuman kolektif” di wilayah Palestina yang diduduki, seperti pembongkaran rumah.

Jerman merekomendasikan Israel untuk mengakhiri praktik penghukuman kolektif terhadap Palestina, termasuk pembongkaran rumah tinggal, dan penghentian penahanan warga sipil. []

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR (MEMO)

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline