islampos
Media islam generasi baru

670 Pekerja Asing Segera Tinggalkan Arab Saudi

Foto: Blivenews
0

ARAB SAUDI—Saudi diperkirakan akan kehilangan sebanyak 670 ribu pekerja asing hingga tahun 2020 mendatang. Keterangan ini berdasakan laporan yang disampaikan Banque Saudi Fransi, Senin (11/7/2017). Menurut laporan tersebut, 165 ribu ekspatriat diperkirakan akan meninggalkan Saudi setiap tahunnya.

Selain itu, dikatakan bahwa biaya baru yang dibutuhkan negara setelah kehilangan para pekerja akan bertambah sekitar 20 miliar USD  selama tiga tahun ke depan.

Ada sekitar 11,7 juta orang asing di Arab Saudi; 7,4 juta adalah pekerja dan 4,3 juta sisanya adalah kerabat keluarga asli. Mereka membentuk sekitar 1,1 keluarga yang ada di Saudi.

Pihak berwenang mulai memungut dana dari kerabat asing pada 1 Juli, tepat saat perpanjangan KTP mereka.  Sekarang mereka harus membayar 26,66 USD bagi para ekspatriat, namun nanti Saudi harus membayar 106,66 USD per bulan pada tahun 2020.

Arab Saudi telah merilis sebuah rencana ekonomi untuk mengurangi ketergantungannya pada minyak dan diversifikasi ekonominya. Rencananya, pada Visi 2030 Saudi akan mengenakan pajak, termasuk pajak pertambahan nilai atas barang, meningkatkan bantuan dan menata industri baru termasuk manufaktur senjata. []

loading...
loading...