Begini Sindiran Anies terhadap Pengemplang Pajak Mobil Mewah

0

JAKARTA—Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyindiri para pelanggar pajak kendaraan mewah. Anies juga meminta mereka memenuhi kewajibannya membayar pajak.

Menurut Anies, pemerintah kota DKI Jakarta sudah menyediakan fasilitas yang memadai dan Cuma-Cuma bagi warganya, termasuk para pengemplang pajak tersebut. Mereka bisa menikmati jalanan bagus, akses tol, dan lain-lain. Sayangnya, mereka malah tidak mau memenuhi kewajibannya sewabagi warga negara yang baik yaitu membayr pajak.

“Anda, kan, sudah menikmati fasilitas, jangan tidak bayar pajaknya, dong. Menikmati fasilitas ya harus bayar kontribusinya,” ujar Anies di kawasan Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (13/1/2018).

Tercatat kurang lebih 745 mobil mewah yang belum dibayarkan pajaknya oleh pemiliknya. Pajak yang dimaksud adalah pajak barang mewah.  Di antara pemilik mobil mewah yang menunggak pajak itu, disebutkan Anies ada yang memiliki mobil merek Lamborghini yang harganya bisa mencapai miliaran rupiah.

“Anda sanggup beli mobil mahal, tapi masa bayar pajaknya enggak sanggup,” sindir Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan, para pengempalng pajak mobil mewah bukan masyarakat dengan penghasilan ekonomi rendah, mengingat kemampuan mereka membeli barang dengan harga yang fantastis.

Sikap mangkir dari pajak itu disebut Anies sebagai sikap yang tidak bertanggung jawab.

“Memang yang mewah indah dilihat, tapi kalau tidak bayar pajak saya rasa keindahannya itu sudah hilang,” kata Anies.

Pada kesempatan berbeda dalam konferensi pers didampingi Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Edi Sumantri di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (12/1/2018), Anies menyebut akan menindak tegas para pengemplang pajak tersebut.

“Ini sesuatu yang kita tidak bisa didiamkan. Kita akan kejar, kita minta semua tunaikan kewajiban bayar pajak. Jalan dipakai, fasilitas digunakan, udara juga memiliki dampak dari kendaraan bermotor. Tapi tanggung jawa untuk bayar pajak belum diselesaikan,” kata Anies.

Sejauh ini Anies belum mengungkap identitas para pengemplang pajak tersebut. Dia hanya menegaskan akan mengunggah data nomor polisi kendaraan mewah yang menunggak di website resmi Pemrpov DKI.

Adapun daftar lengkap mobil-mobil mewah penunggak pajak yang didapatkan dari BPRD DKI seperti dilansir dari laman detik, bisa dilihat disini.[]

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline