ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Keistimewaan Usia 40 Tahun

0

USIA 40 tahun sering disebut sebagai titik awal manusia harus mulai waspada. Baik dari sisi kesehatan maupun agama.  Bahkan ada istilah di Barat bahwa “Life begins at 40.” Lalu sebenarnya ada apa dengan umur 40 tahun?

Dilansir Halallifestyle, Islam selalu menyebutkan bahwa umur 40 adalah umur di mana manusia mencapai tingkat kematangan berpikir serta sudah mencapai kesempurnaan kedewasaan dan budi pekerti. Hal ini merujuk pada mayoritas Nabi dan Rasul yang diangkat pada usia sekitar 40 tahun.

Al Qur’an pun menyebut umur 40 tahun dengan tegas untuk menjadi perhatian manusia.

“Sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS Al-Ahqaf 15)

Ayat ini mengisyaratkan, di saat 40 tahun, hendaknya manusia mulai meningkatkan syukurnya kepada Allah dan orang tuanya. Dan di umur 40 ini, manusia hendaknya sudah benar-benar mengetahui segala nikmat Allah yang ada padanya dan mensyukurinya. Umur 40 juga dianggap sebagai titik tolak dan pembaharuan tobat atas dosa-dosa dan kufur nikmat yang dilakukan manusia.

Sementara dari ilmu kesehatan pun menyebut umur 40 sebagai titik waspada. Ketua IDI Jakarta Pusat Kemas Abdurrohim, Dr. MARS, Sp.Ak mengatakan umur 40 adalah waktu seseorang harus rajin mengecek angka.

“Kalau sudah umur 40, ya harus rajin mengecek angka. Angka gula darah, kolesterol, tekanan darah. Kalau di bawah 40 tahun, periksanya cukup setahun sekali tapi kalau sudah 40 tahun ke atas harus 6 bulan sekali. Untuk yang sudah memiliki penyakit, harus sebulan sekali,” kata Abdurrohim usai mengikuti IDI Fun Run 2017 di Menteng Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2017).

Pemilik umur 40 tahun sebaiknya melakukan aktivitas rutin dengan mengkombinasikan latihan kardio dengan latihan beban, tujuannya adalah untuk menghancurkan lemak dan gula yang menumpuk.

Mengatur pola makan sesuai dengan jumlah kalori yang dibutuhkan juga merupakan salah satu yang harus dilakukan oleh pemilik umur di atas 40 tahun. Dari uraian di atas, ternyata apapun alasannya, usia 40 tahun memang benar-benar istimewa. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...