ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Inilah Jet Tempur Andalan Angkatan Udara Israel.

0

Israel memperkuat militer angkatan udaranya Israel Air Force (IAF) dengan membeli jet-jet tempur produksi AS seperti F-35 Lightning II sebanyak 100 unit. Selain itu, Israel juga membeli jet tempur F-15 sebanyak 24 unit untuk memenuhi kekuatan satu skadron, dan puluhan heli angkut jenis CH-53 dan CH-47 Chinook.

F-35 merupakan jet tempur berteknologi siluman (stealth) dan bisa dioperasikan di segala cuaca. Sedangkan, F-15 dikenal sebagai jet tempur yang sangat mematikan karena bisa mendeteksi sekitar 10 pesawat lawan sekaligus, mengucinya dengan radar pencari sasaran, lalu meluncurkan rudal sebanyak 10 rudal sekaligus untuk menghancurkannya.

Dari sisi teknologi dan kemampuan tempur, F-15 varian upgrade yang dibeli Israel itu lebih maju dibandingkan F-15 SA yang sudah dipesan oleh Arab Saudi dan Qatar.

Harga satu unit F-15 baru yang sudah di-upgrade sekitar 100 juta dollar AS. Namun, Israel membelinya tidak dengan dana sendiri, melainkan dengan dana bantuan dari AS yang nilainya mencapai 3 milliar dollar AS lebih. []

Sumber: Intisari

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...