ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Swiss Menentang Inisiatif Pelarangan Burka

0

JENEWA –Pemerintah Swiss pada Rabu (20/12/2017) waktu setempat menyatakan penentangan terhadap inisiatif pelarangan burka secara nasional. Pemerintah Swiss mengatakan akan menyerahkan masalah tersebut pada otoritas daerah untuk memutuskan apakah larangan semacam itu tepat atau tidak.

Pemerintah Swiss rencananya akan menggulirkan permasalahan itu dalam sebuah pemungutan suara. Para pemilih Swiss pada akhirnya akan diminta memberikan suara tentang hal itu.

Walaupun waktunya belum ditentukan, namun diketahui bahwa di Swiss pemungutan suara tentang berbagai topik dilakukan setiap beberapa bulan sebagai bagian dari sistem demokrasi langsung negara tersebut.

Dilansir dari AFN, beberapa daerah di Swiss sudah melakukan pemunguran suara regional mengenai pelarangan burka, termasuk Zurich yang menolak langkah semacam itu dan daerah Ticino dan St. Gallen yang memilih mendukungnya.

Larangan pemakaian kain penutup wajah (burka) diinisiasi oleh komite yang dijalankan oleh satu anggota partai sayap kanan Swiss People’s Party pada September lalu.

Inisiatif itu menginginkan pelarangan penggunaan penutup wajah di ruang publik atau ruang yang bisa diakses oleh publik.

Komite di balik inisiatif tersebut juga pernah berada di belakang kampanye kontroversial yang sukses tahun 2009 dalam pelarangan pembangunan menara-menara masjid baru di Swiss. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...