ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Inilah Tips Menghindari Pacaran

0

Advertisements

PACARAN merupakan sesuatu yang tak mudah untuk dipisahkan. Dari keseharian remaja dan anak muda. Dalam pandangan masyarakat, pacaran telah menjadi sesuatu yag lumrah, dianggap sah ketika dilakukan. Seharusnya, kita sebagai generasi penerus bangsa dan agama menjadi orang pertama yang berdiri tegak menolak hal-hal yang tidak sesuai dengan syariat.

Bagaimana caranya menjaga diri agar tidak pacaran? Berikut ini tipsnya:

Niat dan Berdoa
Niatkan hanya karena Allah SWT agar tidak mau pacaran. Pecayalah, apabila kita meninggalkan sesuatu karena Allah, ia akan menggantinya dengan yang lebih baik. Tanamkan dalam hati, lebih baik kehilangan sesuatu karena Allah daripada harus kehilangan Allah karena sesuatu. Tak apa kita kehilangan pacar karena Allah, daripada harus kehilangan Allah karena pacar.

Pahami, Pacaran Banyak Negatifnya
Ingin punya pacar? Coba pertimbangkan kembali. Pacaran tidak membawa sedikitpun kebaikan. Justru awal dari sebuah kemaksiatan. Sadari, Allah pun tidak akan pernah meridhoi-nya. Justru Allah akan melaknatnya.

Tundukkan Pandangan
Timbulnya rasa cinta berawal dari sebuah pandangan yang kemudian masuk ke hati. Allah Ta’ala pun melarangnya langsung dengan berfirman:
“Katakanlah kepada laki – laki yang beriman :”Hendaklah mereka menundukkan pandangannya dan memelihara kemaluannya.” (QS. An Nuur [24] : 30 ).

“Katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman : “Hendaklah mereka menundukkan pandangannya, dan kemaluannya” (QS. An Nuur [24] : 31)

Baca Buku Tentang Hukum Pacaran dalam Islam
Selain pengetahuan dari beberapa teman, sering-seringlah membaca buku tentang pandangan islam terhadap pacaran.

Memilki Sahabat yang Tidak Pacaran
Miliki sahabat yang berprinsip untuk tidak pacaran. Memang, diperbolehkan untuk berteman dengan siapa saja. Namun, untuk memiliki seorang sahabat, hendaknya memilih yang satu tujuan dengan kita.

Ikut Mentoring
Mengikuti monitoring (bimbingan kerohanian atau kajian agama) akan membuatmu terarah menjalani hidup yang penuh dengan tantangan ini. Melawan rasa ingin pacaran juga termasuk tantangan loh.

Follow Akun Sosial Media yang Islami
Hal ini juga menjadi salah satu cara ampuh untuk menghindarkan diri dari pacaran, terlebih jika kita aktif di sosial media seperti instagram. Biasanya kita akan lebih sering mengecek sosmed ketimbang membaca buku. Betul tidak?

Tambahan
Menyibukan diri dengan hal yang bermanfaat akan membuat kita tak punya waktu untuk pacaran. Apalagi hanya sekedar memikirkannya. Tenang saja, masalah jodoh bukan tentang seberapa lama kita pacaran. Namun, tentang seberapa besar kita yakin pada-Nya. []

Artikel Terkait :

Maaf Anda Sedang Offline