ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Inilah Kebenaran Al-Qur’an tentang Bintang Sirius

0

Advertisements

SIRIUS adalah bintang paling terang di langit malam apabila dilihat dari bumi. Terletak di rasi bintang Canis Major dan merupakan sebuah tata surya yang hanya memiliki dua bintang saja (bintang kembar), yaitu Sirius A dan Sirius B.

Dalam sejarahnya nama bintang ini memiliki beberapa nama seperti dalam bahasa Yunani disebut “Σείριος” (Seirios, yang berarti “menyala-nyala” atau “amat panas”), dalam bahasa Latin disebut “Canicula” (anjing kecil) dan dalam bahasa Arab disebut “as-syi‘ra dalam astronomi Islam, di mana nama alternatif Al Shira diturunkan.

Sistem orbit bintang ini mengelilingi satu sama lain membentuk busur panah ganda. Lama satu siklus orbit bintang ini adalah 49,9 tahun. Angka ini disahkan oleh jurusan astronomi di Universitas Harvard, Ottawa dan Leicester. Penjelasan ini dijelaskan dari berbagai sumber sebagai berikut:

“Sirius, bintang yang paling terang, sebenarnya adalah bintang kembar…
Peredarannya berlangsung selama 49,9 tahun.”
(Exposes Astronomiques, La troisième loi de KEPLER)

“Sebagaimana diketahui, bintang Sirius-A dan Sirius-B beredar mengelilingi satu sama lain melintasi sebuah busur ganda setiap 49,9 tahun.”
(www.dharma.com.tr; www.exoplaneten.de)

Bintang Sirius dalam Al Quran

Hal yang menarik untuk dikaji adalah bintang Sirius atau Syi’ra merupakan satu-satunya nama bintang selain matahari yang disebutkan dalam Al Quran pada surat An Najm.

Dan bahwasanya Dialah yang Tuhan (yang memiliki) bintang syi’ra.” (QS. An Najm: 49)

Namun ada yang menarik pada ayat sebelumnya di surat yang sama, yaitu sebagai berikut:

Maka jadilah dia dekat dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi).” (QS. An Najm: 9)

Pada pemaparan sebelumnya telah disinggung bahwa bintang Sirius merupakan bintang yang mengorbit satu sama lain dengan membentuk dua busur panah. Perhatikanlah ayat Al Quran di atas, sangatlah cocok seperti apa yang di jelaskan dalam Al Quran yaitu membentuk dua ujung busur panah.

Kajaiban yang lainnya ialah lama edar orbit kedua bintang ini. Kedua bintang ini mengelilingi satu sama lain melintasi satu siklus orbit yang membentuk busur ganda setiap 49,9 tahun.

Orbit bintang Sirius A (biru), Sirius B (kuning) beredar mengelilingi satu sama lain adalah selama 49,9 tahun. Perhatikanlah kedua ayat Al Quran yang berhubungan dengan bintang Syi’ra berikut:

“Dan bahwasanya Dialah Tuhan (yang memiliki) bintang Syi’ra.” (QS. An Najm, 49)

“Maka jadilah dia dekat dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi).” (QS. An Najm, 9)

Gabungkanlah kedua ayat di atas, yaitu ayat 49 dan ayat 9 dengan ditambahkan koma di antara angka tersebut, maka akan membentuk angka “49,9.” Sama seperti lama peredaran bintang ini satu sama lain, yaitu 49,9 tahun. Subhanallah. []

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline