6 Rahasia Mendidik Anak Menjadi Shalih

0

CARA mendidik anak yang benar menjadi kunci untuk mewujudkan harapan membentuk karakter yang shalih pada anak. Namun dalam prosesnya, orangtua kerap melakukan kebiasaan-kebiasaan yang sebenarnya justru merupakan tindakan yang salah. Kebiasaan orang tua yang salah ini  akan berpengaruh besar dalam membangun karakter anak saat sudah dewasa. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Diamkan Anak Ketika Menangis

Hal pertama yang harus dilakukan dalam mendidik anak adalah mendiamkan mereka ketika menangis. Banyak orangtua yang membiarkan begitu saja ketika buah hati mereka menangis karena suatu hal. Padahal sebenarnya ketika anak menangis, sebagai orang tua jangan pernah membuang waktu untuk mendiamkannya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan orangtua ketika anaknya menangis. Bisa dengan menunjuk burung atau awan di atas langit agar ia melihatnya lalu terdiam. Karena psikologis manusia saat menangis adalah menunduk. Maka cara mendiamkannya adalah dengan mengarahkannya untuk melihat ke arah atas.

2. Ingatkan Anak untuk Berhenti Bermain

Mungkin sebagian orangtua ada yang merasa kesal ketika menyuruh anaknya berhenti bermain namun si anak tetap tidak beranjak. Jika ingin anak-anak berhenti, maka jangan pernah mengucapkan “Ayo, sudah mainnya, stop sekarang!.” Namun usahakanlah untuk mengatakan kepada mereka mainnya 5 menit lagi yaaa”. Kemudian ingatkan kembali: “Dua menit lagi yaaa”. Kemudian barulah katakan: “Ayo, waktu main sudah habis”. Dengan demikian maka akan membuat mereka bisa berhenti bermain dengan hati yang ikhlas.

3. Ucapkan Hal ini Saat Anak Hendak Tidur

Ketika anak hendak tidur, sebagai orangtua hendaknya berkata seperti ini, “Ayo tidur sayang besok pagi kan kita sholat subuh”, ucapan yang demikian ini akan membuat mereka lebih memperhatikan perkara akhirat.

Hindari perkataan seperti ini: “Ayo tidur, besok kan sekolah”. Sebab hal ini akan membuat mereka tidak sholat subuh dan lebih perhatian terhadap kehidupan di dunia. Untuk itu, terus ingatkan anak perkara akhirat. Sebab anak yang shaleh dapat membawa orangtuanya menuju surga di akhirat kelak.

4. Nikmati Waktu Tumbuh Kembang Anak

Nikmati masa kecil anak-anak, sebab tanpa terasa waktu akan berlalu dengan sangat cepat. Akan ada banyak hal yang akan terlewatkan apabila orangtua terlalu sibuk dengan kegiatan di luar rumah tanpa memperdulikan kehidupan anaknya.

Terus ajarkan mereka mengenai nilai-nilai kehidupan dengan cara yang menyenangkan sambil bermain. Dengan demikian sebagai orangtua anda akan memahami kepribadian si buah hati.

5. Kurangi Penggunaan Handphone

Perkembangan dan kecanggihan teknologi terkadang membuat orangtua mengabaikan anak mereka. Banyak orangtua yang sibuk bermain gadget ketimbang merawat anaknya. Ada yang sibuk chatting-an dan tidak memperdulikan bahwa anaknya belum makan dan masih banyak lagi kasus lainnya.

Padahal sebagai orangtua yang baik, anda harus bisa meninggalkan segala sesuatu yang berkaitan dengan gadget saat bersama anak. Orangtua yang bijaksana adalah mereka yang mengetahui bagaimana cara menyeimbangkan segala sesuatu dan pandai dalam mendidik anak.

6. Selalu Berdoa kepada Allah
Rahasia terakhir yang harus diterapkan dalam mendidik anak adalah dengan cara berdoa kepada Allah. Doakan agar anak-anak kita menjadi perhiasan yang menyenangkan baik itu di dunia ataupun di akhirat. Terus doakan yang  terbaik untuk mereka, sebab doa orangtua lebih mujarab untuk dikabulkan oleh Allah.

Sumber: viralnews

loading...
loading...