ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Tidur Tanpa Bantal, Ini Manfaatnya

0

Advertisements

KETIKA tidur biasanya banyak dari kita yang menggunakan bantal untuk menyandarkan kepala. Ya, bantal digunakan untuk meletakkan kepala kita, agar memiliki posisi yang lebih tinggi daripada tubuh. Sehingga, kepala akan terasa lebih nyaman berada di atas tumpuan bantal yang bahan dasarnya begitu empuk.

Tetapi, Rasulullah ﷺ tidak menggunakan bantal untuk menyandarkan kepalanya. Melainkan, beliau menggunakan tangan kanannya yang diletakkan di bawah pipi kanannya. Sebagaimana dalam sebuah hadis dikatakan, “Rasulullah ﷺ apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.”

Dari hadis di atas maka dapat kita ketahui bahwa Rasulullah menjadikan tangan kanannya sebagai bantal untuk bersandar kepalanya. Dan ternyata, apa yang dilakukan Rasulullah itu memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Berikut manfaat yang dapat Anda dapatkan dengan tidur tanpa bantal.

 

1. Kualitas Tidur

Jika Anda ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, maka Anda disarankan untuk menyingkirkan bantal karena bisa menghambat tidur Anda. Tidur tanpa bantal akan membuat kualitas tidur yang baik karena posisi tubuh Anda berada pada tingkat alami dan normal.

Seperti halnya bayi yang masih merah belum terbiasa menggunakan bantal. Biasanya orang tuanya yang memperkenalkan dan membiasakannya menggunakan bantal kecil seukuran kepala bayi. Namun, bayi aktif bergerak dan malah merasa tidak nyaman dengan menggunakan bantal yang mengganjal kepalanya. Sehingga membuat bantal tersingkir dengan sendirinya dari kepalanya dan akhirnya si bayi lebih nyaman tertidur tanpa bantal.

Bayi pun memiliki kualitas tidur lebih baik dengan tanpa bantal (pada saat posisi di matras flat/ kasur datar). Karena memang posisi tubuhnya berada pada tingkat alami/ normal tanpa ditopang/ diganjal sesuatu pada kepala/ lehernya. Jadi, apabila Anda ingin tidur lebih berkualitas dan menormalkan posisi tubuh Anda, mulai biasakan tidur tanpa bantal.

2. Mencegah Sakit Leher

Tidur menggunakan bantal adalah sumber utama dari sakit pundak dan leher. Meskipun masih disarankan untuk pemanasan (stretching) dan menggunakan pemanas, metode terbaik untuk menghilangkan rasa sakit ini adalah dengan tidur tanpa bantal. Namun, tidur tanpa bantal dapat menyebabkan masalah untuk orang yang sudah terbiasa menggunakannya. Untuk orang-orang yang belum terbiasa tidur tanpa menggunakan bantal, dianjurkan untuk secara bertahap mengurangi ketebalan bantal.

3. Keuntungan untuk Tulang Belakang

Tidur tanpa bantal dianggap sebagai metode yang paling sehat karena memberikan manfaat pada tulang belakang. Tidur dengan punggungnya untuk memungkinkan tulang punggung untuk sepenuhnya berada pada kurva alami dari tubuh di tempat. Ketika kita tidur dengan bantal tebal, lokasi tulang punggung akan berubah dan Anda mungkin mengalami nyeri punggung keesokan harinya. Jadi, tidur tanpa bantal adalah obat terbaik untuk sakit punggung. []

Sumber: www.lampuislam.org

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline