35 Lembaga Dunia Desak PBB Usut Tuntas Kasus Rohingya

0

AS—Sebanyak 35 lembaga dunia termasuk Badan Amnesti Internasional dilaporkan telah menuntut PBB untuk segera menggelar sidang darurat. Sidang ini guna mengusut krisis pembantaian ribuan muslim Rohingya Myanmar. Tuntutan ini mereka lakukan melalui sebuah surat resmi kepada Dewan HAM PBB

“Kami menuntut agar Dewan HAM PBB segera menggelar sidang darurat guna mengusut kondisi HAM Myanmar yang semakin hari semakin memburuk,” ujar surat tersebut seperti dilansir al-Alam, Kamis (23/11/2017).

“Setelah menerima laporan serius tentang pelanggaran HAM di Myanmar, kami meyakini bahwa sidang darurat untuk menetapkan langkah pasti dan pengusutan internasional atas kasus ini serta mengawasi negara ini sangat diperlukan,” lanjut bunyi surat tersebut.

Negara-negara tersebut meminta kepada Dewan HAM PBB supaya mengeluarkan sebuah resolusi untuk menghentikan kejahatan kemanusiaan di Myanmar.

Dewan HAM PBB yang memiliki anggota 47 negara, baru menggelar sidang sebanyak 26 kali dari sejak dibentuk pada tahun 2006. Dewan HAM amat jarang menggelar sidang darurat.

Surat 35 negara itu ditulis dalam kondisi ketika Dewan Keamanan PBB tidak mampu mengeluarkan resolusi untuk kasus Myanmar di permulaan bulan ini lantaran diveto oleh Cina.

Genosida warga Muslim dan pembakaran pedesaan yang dilakukan oleh militer dan pasukan sipil rezim,  semakin meningkat dalam beberala bulan terakhir.

Menurut data terbaru, jumlah warga muslim Myanmar yang telah mengungsi ke Bangladesh mencapai angka lebih dari 600 ribu orang. [

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline