Inilah Robot-Robot Ciptaan Al-Jazari

0

KEMAJUAN yang dicapai dunia Islam di era kejayaan dalam bidang robotika dianggap lebih maju dibandingkan penemuan pada zaman Yunani. Inilah yang disimpulkan oleh seorang ilmuan Amerika Mark E Rosheim.

”Tak seperti desain Yunani, contoh robot yang diciptakan dunia Islam (Arab) mampu mengundang daya tarik. Tak hanya dalam ilusi dramatis, tetapi mampu menghadirkan lingkungan yang bisa membuat manusia lebih nyaman,” ungkap Rosheim seperti dikutip dari Republika.

Ilmuan Islam yang identik dengan penemuannya di bidang robotika adalah Al-Jazari.

Selain ”robot band”, Al-Jazari telah berhasil menciptakan sebuah robot pramusaji berbentuk manusia yang bertugas untuk menghidangkan air, teh, atau minuman lainnya.

Penemuan penting lainnya di era kejayaan Islam yang tak kalah menarik adalah pencuci tangan otomatis dengan mekanisme pengurasan. Mekanisme yang dikembangkan Al-Jazari itu, kini digunakan dalam sistem kerja toilet modern.

Robot lainnya yang diciptakan insinyur Muslim itu adalah burung merak otomatis yang bisa bergerak. Al-Jazari menggerakkan robot burung merak itu dengan tenaga air.

Teknologi robot lainnya yang ditemukan Al-Jazari adalah pintu otomatis sebagai bagian dari salah satu jam air yang diciptakannya.
Menurut Rosheim, walaupun tidak diciptakan untuk kepentingan industrial, robot yang dibuat pada masa itu (awal abad ke-13 M) sudah berbentuk manusia robot dan mampu membantu manusia untuk tujuan praktis. Hasil karya Al-Jazari itu merupakan salah satu kontribusi peradaban Islam yang sangat penting bagi teknologi. []

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline