Ketua OSIS SMA Punya Kesempatan Masuk IPB Lewat Jalur Undangan

0

BOGOR –Institut Pertanian Bogor (IPB)membuka kesempatan kepada siswa-siswi SMU atau sederajat yang menjabat sebagai ketua Organisasi Siswa Intera Sekolah (OSIS) untuk masuk IPB melalui jalur khusus.

Rektor IPB Dr Arif Satria menyebut bahwa hal tersebut merupakan rencana penambahan sistem penerimaan calon mahasiswa baru di IPB pada tahun ajaran 2018/2019 mendatang.

“Tahun ajaran mendatang, kami akan menambah satu kebijakan penerimaan calon mahasiswa baru IPB, melalui jalur undangan khusus untuk para pelajar yang menjabat ketua Osis di sekolahnya,” ujar Arif seperti dikutip dari Sindo, Selasa (22/11/2017).

Imbasnya, IPB akan menambah kuota calon mahasiswa baru yang selama ini masuk melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

“Kuota yang kami siapkan untuk jalur undangan khusus Ketua OSIS, sebesar 10 persen, sama halnya dengan undangan mahasiswa utusan daerah, jalur mandiri, dan jalur lainya,” tuturnya.

ketua OSIS di SMA/sederajat menjadi sasaran IPB dalam menjaring mahasiswa baru tidak sedikit dari mereka yang memiliki prestasi akademik bagus.

“Tidak sedikit para Ketua OSIS adalah siswa yang berprestasi dalam bidang akademik. Mereka itu punya prestasi lain yakni memiliki jiwa leaderships,” katanya.

Mantan Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB ini juga menjelaskan alasan menambah sistem penerimaan mahasiswa baru di kampusnya, yakni untuk melahirkan sosok generasi penerus bangsa yang unggul dalam leadership.

“Karakter leadership ini sangat dibutuhkan oleh IPB sehingga ke depannya semua mahasiswa yang bergabung di IPB bukan hanya unggul dan berprestasi dalam bidang akademik akan tetapi juga siap untuk menjadi pemimpin baik diperusahaan maupun masyarakat. IPB ke depa harus menjadi kampus inovasi yang berbasis teknologi,” tuturnya.[]

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline