Ini Isi Surat untuk TNI dari Seorang Warga Papua

0

PAPUA –Aksi heroik prajurit TNI dalam pembebasan warga Papua yang disandra oleh kelompok bersenjata Jum’at (17/11/2017) bukan hanya mengundang decak kagum tapi juga kesan yang mendalam di hati masyarakat Indonesia, khususnya warga Papua.

Seorang warga Papua, Jhon Kogoya menulis sebuah cacatan kecil tentang aksi heroik anggota TNI saat melakukan pembebasan sandera di dua desa, Banti dan Kimbely, di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Jumat (17/11).

Dalam tulisan singkatnya, Jhon Kogoya mengaku tak bisa menutup-nutupi kekagumannya atas perjuangan TNI di Papua tersebut. Surat itu merupakan refleksi sekaligus rasa bahagia atas bebasnya ratusan warga Papua yang disandera selama lebih tiga pekan.

“mungkin Saya bukan siapa-siapa bagi Bangsa dan Negara ini apalagi menyimak sikap patriotik Bangsa Indonesia. 5 orang Prajurit muda pasukan khusus TNI menolak menerima kenaikan pangkat setelah berhasil melaksanakan tugas spektakuler pembebasan Sandra yang belum tentu ada pasukan khusus lain dari belahan dunia manapun yang mampu berbuat hal yang sama,” demikian Jhon membuka surat kecil tersebut.

Jhon juga mengutip perkataan kelima perwira TNI yang ia kagumi itu, “Keberhasilan dalam Tugas adalah milik anak buah tapi kegagalan adalah sepenuhnya tanggungkanlah Pimpinan.”

Jhon menyinggung pula tentang kondisi perpolitikan di Indonesiayang gencar merebut kekuasaan dan mengesampingkan keadilan. Hal itu ia kaitkan dengan perjuangan anggota TNI yang tampa pamrih membela negeri ini.

“Putra-Putri Nusantara…. lihatlah Kesatriaku, Kesatria Bangsaku… 5 Orang Perwira muda Pasukan khusus TNI berjuang mengabdi demi keutuhan dan Kedaulatan Bangsa dan Negaranya, demi kemanusiaan dan rakyatnya yang tertindas. Tidak mengejar pangkat dan jabatan, tidak butuh disanjung dan dipuja, tidak minta fasilitas hotel mewah dan lain-lain. Dia memilih tidur dihutan menerobos belantara, menyibak gelapnya malam, merambat mendekati sasaran, menahan lapar lelah dan peluh demi rakyatnya yang tertindas, demi kemanusiaan dan demi Kedaulatan bangsa dan Negaranya.”

Ia menutup tulisannya dengan sebuah ucapan penuh semangat, “Jayalah TNI … Jayalah NKRI…”

Catatan aspiratif John yang tak kalah menyentuh juga bisa dilihat dalam foto dibawah ini[].

Foto: Free West Papua
loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline