ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ternyata, Obesitas dan Tubuh Terlalu Kurus Sama Berbahayanya

Foto: beritagar
0

OBESITAS atau berat badan berlebih ternyata berbahaya bagi kesehatan. Namun bagi Anda yang memiliki tubuh kurus pun belum tentu bebas dari ancaman penyakit. Badan kurus apalagi terlalu kurus, juga memiliki dampak yang sama berbahayanya bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari howstuffworks.com, berikut masalah kesehatan yang timbul karena tubuh terlalu kurus:

1.Osteoporosis

Berbeda dengan orang yang mengalami obesitas dan harus membuang lemak, pada tubuh kurus, lemak sangat dibutuhkan. Lemak berfungsi untuk memproduksi hormon esterogen yang bermanfaat bagi kekuatan tulang. Kekurangan esterogen dapat mempercepat kerapuhan tulang dan timbulnya osteoporosis dini.

2.Diabetes dan penyakit jantung

Jenis penyakit tidak menular seperti kardiovaskular dan diabetes tak hanya menyerang mereka yang berat badannya berlebih. Orang yang tubuhnya kurus pun berisiko terserang penyakit tersebut. Alasannya, terjadi penumpukan lemak yang terkonsentrasi hanya di sekitaran jantung yang meningkatkan kemungkinan penyakit tersebut menyerang.

3.Anemia

Orang yang bertubuh kurus cenderung kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, zat besi dan folat. Akibatnya produksi sel darah merah menjadi berkurang dan berujung pada anemia. Gejalanya mudah lelah, tak bertenaga, sesak nafas, pusing, serta detakan jantung tidak teratur.

4.Masalah Reproduksi

Khusus wanita, saat tubuh terlalu kurus, maka berpengaruh pada siklus menstruasi yang menjadi tidak teratur. Masalah itu akan berpengaruh pada reproduksi seperti sulitnya untuk hamil atau mempertahankan kehamilan. []

loading...
loading...