ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Sempurnakan Ikhtiar

0

“Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli). Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wajalla.” (HR. Ahmad)

ADA pepatah yang bekata bahwa hasil tak akan mengingkari proses. Ternyata memang benar adanya hal tersebut, jika kita menginginkan hasil yang tinggi maka proses atau usaha yang kita lakukan pun harus maksimal, bukanlah setengah-setengah.

Jika mempunyai impian yang banyak dan tujuannya pun jelas, dan ingin sekali semua impian tersebut tercapai, apakah kita tetap melakukan ikhtiar yang setengah-setengah saja agar impian itu terwujud? Tentu tidak. Jika kita melakukan hal tersebut hanya setengah-setengah saja, maka sama saja halnya kita seperti mengkhianati impian kita sendiri.

Untuk tetap ikhtiar agar impian terwujud memanglah cukup susah, namun yakinkan hati bahwa hasil tak akan mengkhianati proses. Juga nikmati setiap proses yang sedang kita lakukan tersebut, karena jika kita tidak menikmatainya mungkin saja kita akan berhenti untuk berikhtiar dari menggapai impian tersebut.

Apakah pernah berpikir seandainya bagaimana jika kita tidak menyempurnakan ikhtiar? Tentu jika hal tersebut dilakukan, pasti akan membutuhkan waktu yang lama untuk membuat impian kita terwujud, dan mungkin saja kita akan kehilangan impian tersebut karena hanya melakukannya setengah-setengah saja.

Cara untuk menyempurnakan ikhtiar, yaitu cukup dengan fokus, dan komitmen.

1. Fokus

Fokus ini bisa dilakukan dengan khusuyuknya dalam shalat, karena shalat dapat menyatunya pikiran, jiwa, dan raga kita dalam satu titik. Saat seseorang dalam melakukan shalatnya khusyuk, maka dalam melakukan pekerjaannya pun pasti bagus, karena orang tersebut sudah bisa memfokuskan tubuhnya dalam satu hal.

2. Komitmen

Tetap di jalan yang telah kita tentukan agar impian tersebut terwujud. Dengan komitmen pun membuat kita mudah untuk mengejar impian yang sudah kita rancang, karena itu adalah janji dari dalam diri kita. Komitmen ini merupakan keputusan yang harus diambil agar impian terwujud, dan jangan dijadikan sebagai beban sebuah komitmen ini. []

Redaktur: Nuryani

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...