Ulama Besar NTB Bergelar Pahlawan Nasional, Ini Kata Seorang Sejarawan

0

JAKARTA—Maulana Syeikh Tuan Guru Kiai Haji (TGKH) Zainudin Abdul Madjid telah dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Gelar tersebut dianugerahkan oleh Presiden Jokowi dalam sebuah acara di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Ditetapkannya Maulana Syeikh sebagai pahlawan nasional diapresiasi Wakil Ketua Tim Pengkaji dan Peneliti Gelar Nasional (TP2GN) Prof Dr Anhar Gonggong. Mengutip Antara News pada Kamis (9/11/2017), Anhar yang juga sejarawan Indonesia menilai Pahlawan Nasional TGKH Zainuddin Abdul Madjid atau Maulana Syaikh adalah sosok pahlawan hebat.

“Beliau membangun banyak pondok pesantren dan lembaga-lembaga pendidikan keagamaan lainnya. Sepanjang hidupnya beliau terus berjuang memberikan bekal pendidikan kepada anak anak muda pada zamannya, adalah kehebatan luar biasa yang tidak dimiliki oleh orang lain,” kata Anhar Gonggong.

Menurutnya, Maulana Syaikh memiliki kepedulian yang tinggi kepada masyarakat untuk bisa keluar dari kebodohan dan keterbelakangan. Inilah nilai kepahlawanan yang terpenting dan sesungguhnya.

“Maulana Syaikh berhasil membangun dan menciptakan manusia yang tidak hanya beragama, tetapi juga berakal budi dan cinta Tanah Air. Itulah nilai-nilai kepahlawanan yang paling utama,” ujar ahli sejarah itu.

TKGH Zainudin Abdul Madjid adalah seorang ulama karismatis dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dan merupakan pendiri Nahdlatul Wathan, organisasi massa Islām terbesar di provinsi tersebut. Di pulau Lombok, Tuan Guru merupakan gelar bagi para pemimpin agama yang bertugas untuk membina, membimbing dan mengayomi umat Islām dalam hal-hal keagamaan dan sosial kemasyarakatan. []

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline