Apakah Pekerjaan Rumah Tangga Termasuk Olah Raga?

0

 

Assalamuaalaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Ustadz Yudhistira, setap hari saya berjalan ke pasar, mencuci piring atau baju. Apakah hal yang sering saya lakukan itu termasuk olah raga? Apakah saya perlu olah raga lagi atau tidak? Jazakallah.

                                                                                                                       IBU HAMIDAH/HP. 087778735XXX

Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Ibu Hamidah yang dirahmati Allah, memang kebanyakan ibu rumah tangga mengalami hal yang sama seperti yang di alami Ibu Hamidah, tapi sayangnya itu tidak masuk kategori olah raga.

Jika masuk kategori olahraga, maka bisa jadi akan ada cabang olahraga cuci piring atau cabang olahraga cuci baju. Sebagaimana yang sudah disebutkan di beberapa edisi terdahulu bahwa olah raga merupakan salah satu metode yang paling efektif dan sangat ampuh untuk melawan depresi dan menumbuhkan kebahagiaan.

Olah raga juga merupakan salah satu cara paling cepat, mudah, dan relatif paling murah. Namun, agar olahraga bisa berhasil diperlukan praktik secara rutin. Tak ada kesepakatan berapa banyak olah raga yang harus dilakukan agar tubuh sehat karena jumlah pasti yang masing-masing kita butuhkan bisa bervariasi, bergantung pada beberapa faktor seperti usia, kesehatan, dan tujuan pribadi.

Dalam bahasa yang sederhana, banyak orang tentu setuju bahwa selain melakukan sebanyak mungkin aktivitas yang kita bisa setiap hari, kita juga harus melakukan olahraga serius. Yang dimaksud dengan olah raga serius adalah kondisi saat kita merasa kepanasan, berkeringat, dan napas terengah-engah. Olah raga seperti ini hendaknya dilakukan paling tidak selama 30-40 menit, setidak-tidaknya 4-5 kali seminggu.

Buatlah rencana olah raga rutin bersama dengan peningkatan bertahap dalam waktu yang anda pergunakan dan intesitas olah raga itu. Anda bisa mencari rencana fitness gratis di internet, dalam buku di perpustakaan setempat atau atau Anda bisa meminta teman yang berpengalaman untuk membantu anda membuat rencana pribadi. Tidak harus kompleks. Anda cukup upayakan untuk bisa berjalan cepat selama satu setengah jam setiap Senin, Rabu, dan jumat misalnya.

Ketika Anda sudah  berkomitmen untuk melakukan sebuah aktivitas dengan menuliskannya di atas kertas, Anda akan punya motivasi lebih besar untuk melakukannya sebagaimana lazimnya kegiatan didorong oleh sebuah tujuan. Metode olah raga bukan hanya untuk para atlet! Jadi temukan cara untuk bisa melakukan olahraga sesering mungkin, jika tak bisa setiap hari.

Lalu setelah olah raga maka jangan lupa kita menganti cairan tubuh kita dengan cairan yang menyehatkan karna yang namanya air itu ada air sehat dan ada air yang menyehatkan, air yang menyehatkan itu mempunya tiga karakter ,1.anti oksidan 2.microclaster 3.alkaline.  air dengan karakter air zam zam terdapat di dalam kangen water. Semoga jjawaban yang saya sampaikan ini bermanfaat. Wallahualam. []

 

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline