ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Tahun Ini, Penyelenggaraan Haji Indonesia Terbaik di Dunia

0

JAKARTA—Evaluasi penyelenggaraan haji Indonesia dilaporkan terus menunjukkan citra positif. Setelah hasil survei indeks kepuasaan jamaah haji yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan peningkatan, kali ini apresiasi datang dari salah satu ormas keislaman terbesar di Tanah Air, Muhammadiyah.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Ahad (5/11/2017), Sekretaris Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’thi bahkan berani menyebut penyelenggaraan haji Indonesia di bawah koordinasi Kementerian Agama (Kemenag) tahun ini sebagai yang terbaik di dunia.

“Peningkatan kualitas ini harus terus dipertahankan,” ujar Mu’thi.

Sorotan utama Muhammadiyah pada penyelenggaraan haji tahun ini adalah capaian kepuasan tersebut diperoleh saat kuota jamaah haji untuk Indonesia kembali normal, bahkan bertambah hingga 221 ribu. Menurut Mu’thi, Indonesia telah membuktikan bahwa jumlah yang banyak telah dijawab dengan keunggulan pelayanan.

Belum lama ini BPS merilis hasil survei Indeks Kepuasaan Jamaah Haji Indonesia (IKJHI) 2017 yang menunjukkan hasil indeks kepuasaan tahun ini merupakan yang tertinggi dalam delapan tahun terakhir.

Pada 2016, IKJHI mencapai 83,83 persen dan pada 2017 mencapai angka tertinggi dalam delapan tahun yaitu 84,85 persen. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...