islampos
Media islam generasi baru

Arab Saudi Tunjuk Duta Besar Baru untuk Lebanon

0

BEIRUT – Menteri Saudi urusan negara Arab Teluk, Thamer al-Sabhan mengumumkan pengangkatan duta Saudi baru untuk Lebanon pada Senin kemarin (6/2/2017) menyusul absen hampir lima bulan.

Pengumuman ini dibuat pada pertemuan antara al-Sabhan dan Presiden Lebanon Michel Aoun di Baabda istana kepresidenan Beirut, di mana dua orang ini membahas kerjasama pariwisata antar negara Arab dan isu-isu lainnya.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor Aoun, al-Sabhan di Beirut untuk menindaklanjuti isu-isu yang muncul selama kunjungan presiden Lebanon baru-baru ini ke Arab Saudi.

Aoun mengunjungi Riyadh bulan lalu dalam kunjungan resmi pertamanya ke luar negeri sejak menjadi presiden bulan Oktober lalu, lapor Anadolu Agency.

Memperbaiki hubungan yang tegang Lebanon dengan negara-negara Teluk kaya minyak dianggap sebagai salah satu tugas yang paling menakutkan bagi Aoun sebagai presiden.

Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan Saudi-Lebanon menengang oleh perbedaan yang sedang berlangsung atas konflik di Suriah (di mana Syiah Hizbullah Lebanon berjuang bersama rezim Assad); serangan awal tahun lalu terhadap dua misi diplomatik Arab oleh demonstran Iran; dan langkah berikutnya oleh Riyadh untuk menangguhkan bantuan militer ke Lebanon.

Arab Saudi menuduh Syiah Hizbullah memonopoli politik Lebanon dan mengikuti perintah dari Teheran, yang dipandang sebagai saingan utama bagi Riyadh.[fq/islampos]

loading...
loading...