ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Lupakan Obat-obatan, Ini 5 Makanan Pencegah Flu

Foto: Islampos
0 329

MUSIM Hujan mulai menyapa. Cuaca pun mulai berubah. Dari awalnya yang panas kering kini menjadi sejuk dan lembab. Meski menyenangkan merasakan air hujan yang membasahi tanah, hati-hati perubahan cuaca juga membawa dampak kurang baik untuk tubuh. Penyakit seperti flu dan masuk angin mudah menyerang.

Apabila tubuh mulai terserang penyakit musiman, jangan buru-buru minum obat. Karena saat menghadapi penyakit musiman, kuncinya adalah bagaimana kita menggenjot daya tahan tubuh. Termasuk di dalamnya menjaga pola makan sehat, cukup tidur, mencuci tangan dengan benar, berhenti merokok, berolah raga dan jika perlu makan vitamin dan suplemen.

Mengutip situs Today, mengonsumsi makanan berikut dipercaya mampu untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan flu.

1.Bawang putih.

Sebagai bagian dari keluarga allium seperti juga jenis bawang yang lain, bawang putih bisa membantu membangun imunitas sepanjang musim hujan.

2.Buah dan sayur aneka warna.

Dalam sebuah penelitian, tikus yang diberikan makanan yang kaya akan sayur dan buah cenderung sulit terserang flu. Sayuran dan buah aneka warna menghasilkan semua zat yang melawan dengan flu seperti vitamin C, zinc dan selenium.

3.Minyak ikan atau Omega-3

DHA dan beberapa jenis Omega-3 yang ada di ikan ternyata bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah putih. Bagi Anda yang perokok, racun dari rokok bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan flu. Lawan efek kecanduannya Anda bisa menambah porsi protein dengan minyak ikan, ikan salmon, trout atau sardin.

4.Sup ayam

Studi yang dipublikasikan jurnal CHEST bisa jadi adalah penelitian paling besar yang menyebutkan fungsi sup ayam untuk kesehatan. Disimpulkan, sup ayam memang bermanfaat untuk mengatasi flu. Tak hanya memberi cairan, nutrisinya bisa membantu tubuh mengusir flu. Terutama kandungan bawang dan wortelnya yang banyak mengandung antioksidan.

5.Gandum utuh dan beras merah

Jenis makanan ini membantu bakteria baik dalam perut untuk berkembang biak. Hasilnya daya tahan tubuh juga akan meningkat. []

Comments
Loading...