ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

5 Hal Ini Mengharuskan Muslim Mandi Wajib

Foto: dailymail.co.uk
0

MANDI wajib ataupun mandi junub disebut juga mandi hadas besar adalah mandi yang perlu dilakukan oleh seseorang Muslim untuk membersihkan dirinya dari hadas besar dan melibatkan perbuatan mandi dengan membasahi seluruh anggota badan.

Mandi wajib ataupun mandi junub adalah wajib ke atas orang Muslim untuk membersihkan dirinya daripada hadas besar.

Diantara yang mengharuskan seseorang untuk manji wajib/janabah adalah sebegai berikut:

1. Keluar mani baik disengaja atau tidak, dalam keadaan tidur atau jaga.

Rasulullah SAW bersabda, “Air itu dari air.”

Selain itu ada juga hadits lain dari Ali bin Abi Thalib ra. Bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Bila air mani memancar, maka mandilah,” (HR. Abu Daud).

Maksudnya air yang pertama air untuk mandi dan air kedua karena keluar air mani. Sedangkan mimpi (sweet dream) bila ternyata tidak ada tanda bekas mani, tidak mewajibkan mandi karena yang menentukan adalah keluar tidaknya air mani, bukan mimpinya.

2. Hubungan suami istri walau hanya bersentuhan kelamin tanpa penetrasi. 
Rasulullah SAW bersabda, “Bila dua kelamin bertemu maka telah wajib mandi.”

3. Selesai haid atau nifas.
 Wanita yang telah selesai dari haidh atau nifas maka wajib mandi janabah sebelum boleh melakukan ibadah seperti shalat, puasa, membaca Al-Quran, thawaf, dan lain-lain.

4. Masuk Islam
. Seseorang yang sebelumnya kafir, maka ketika masuk Islam wajib mandi janabah. 
Hal itu didasarkan pada apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ketika Tsumamah al-Hanafi masuk Islam. Dia diperintahkan untuk mandi dan shalat dua rakaat. Saat itu beliau bersabda,”Masuk islamnya saudaramu itu sangat baik.”

5. Meninggal
. Menurut ijma‘ ulama, seorang muslim bila meninggal dunia wajib mandi, maksudnya dimandikan karena mayat tidak mungkin mandi sendiri. []

loading...
loading...