ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

5 Fakta tentang Sosok Khabib Nurmagomedov

0

Advertisements

NAMA Khabib Nurmagomedov baru-baru ini santer terdengar. Bukan hanya karena prestasinya yang gemilang di ajang UFC, melainkan juga kepribadiannya yang mengagumkan.

Khabib yang mengalahkan Connor McGregor pada pertandingan UFC 229 di T-Mobile Arena, Las Vegas, Sabtu (06/10/2018) berhasil mempertahankan gelar juara kelas ringan UFC yang disandangnya selama ini. Kendati sempat terjadi insiden yang melibatkan dirinya dan tim McGregor, nama Khabib justru kian melambung setelah aksinya melompati pagar oktagon.

BACA JUGA: Fakta-Fakta Khabib Nurmagedov, Muslim Pertama Jawara Dunia UFC

Kerusuhan yang dibuatnya justru membuka mata dunia tentang sosok seorang pegulat asal Dagestan, Rusia, yang teguh mempertahankan prinsip dan agamanya. Khabib tak rela ketika lawannya menghina dan merendahkan agama dan keluarganya. Itulah yang membuat publik mafhum akan kisruh usai laga UFC itu.

Nah, bagaimana sih sebenarnya sosok Khabib Murmagomedov ini? Yu, simak fakta-fakta berikut ini:

1. Khabib berasal dari desa

Khabib berasal dari Dagestan, sebuah wilayah republik yang masih merupakan bagian dari negara Rusia. Hampir semua pria lokal di desa tempat tinggal Khabib adalah pegulat. Sebab, merupakan seni bela diri turun-temurun di sana.

Ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov adalah seorang master olahraga dalam gulat gaya bebas. saudara ayahnya adalah juara dunia dalam sambo pada tahun 1992.  Paman dari pihak ibunya juga  merupakan seorang pegulat ternama.

Khabib dan adik laki-lakinya Abubakar, pun sudah menekuni gulat sejak kecil. Pelatih pertama mereka adalah ayah mereka sendiri.

Sejak usia tiga tahun, Khabib mulai menguasai elemen gulat dasar, dan pada usia lima tahun dia sudah masuk ke ring. Uniknya, rekan latihan Khabib saat bergulat tak hanya manusia saja. Ia pernah berlatih gulat bersama seekor beruang saat umurnya sembilan tahun.

2. Khabib pernah berkeinginan jadi Bodyguard

Di usia muda, Khabib pernah ingin jadi penjaga keamanan demi mendapatkan uang. Namun, hal itu ditentang keluarganya.

Menurut ayahnya, olahraga juga merupakan pekerjaan. Kendati sulit menjalani pekerjaan sebagai  olahragawan, namun seorang atlet profesional seharusnya tidak berpikir bagaimana mencari nafkah, kalau tidak, dia tidak akan pernah mencapai puncak.

3. Khabib pernah dinobatkan sebagai pegulat Rusia termuda

Khabib mendapatkan predikat sebagai pegulat Rusia termuda dalam sejarah UFC pada usia 23. Prestasi tersebut diapresiasi oleh perkumpulan atlet di Amerika Serikat. Sejak saat itu, ia dijuluki “Elang” serta berpartisipasi dalam beberapa pertarungan dari arena-arena utama dunia.

Simbol dari Khabib adalah topi gembala yang maksudnya adalah bagaimana dia mengekspresikan kebanggaan rakyatnya dan pengabdiannya pada tradisi suku Avar di Dagestan, Rusia.

4. Khabib adalah seorang muslim

Khabib menganut agama Islam. Cara hidupnya juga banyak dipengaruhi oleh keyakinannya tersebut.

Khabib menjalankan ibadah shalat, dia tidak minum alkohol, dan tidak bertarung selama bulan ramadhan.

“Bagi saya, berpuasa di bulan Ramadhan lebih penting daripada pertarungan apa pun,” ujar Khabib dalam satu kesempatan wawancara.

Khabib juga lumayan tertutup tentang kehidupan pribadinya, termasuk soal pernikahan, istri dan anaknya. Informasi yang diketahui secara umum menyebut, Khabib menikah pada Juni tahun 2013. Dan, kini telah memiliki dua orang anak dari pernikahan tersebut.

BACA JUGA: Tumbangkan McGregor, Khabib Dipuji Vladimir Putin

Loading...

Namun, tak ada informasi detail tentang nama istri dan nama kedua anaknya itu. Disinyalir, itu merupakan salah satu cara Khabib untuk menjaga privasinya.

5. Khabib merupakan penggemar Real Madrid

Selain martial art, atau seni bela diri gaya bebas yang ditekuninya, Khabib juga ternyata menggemari olah raga sepakbola. Dia adalah penggemar klub sepak bola Rusia Anzhi Makhachkala dan Real Madrid serta tim sepak bola nasional Rusia.

Dalam beberapa kesempatan di akun Instagramnya, Khabib menunjukkan dukungannya pada klub favoritnya itu.

Bahkan pada final Liga Champion 2018 antara Liverpool melawan Real Madrid, Khabib datang langsung untuk menonton ke stadion di Ukraina. []

SUMBER: BOLASPORT

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline