ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Fakta Unik Sidik Jari Manusia

Foto: Abu Umar/Islampos
0 161

Salah satu hal yang membedakan antara ciri khas manusia satu dan lainnya adalah sidik jari. Biasanya saat tanda tangan sebuah ijazah atau bahkan tanda bukti, diperlukan cap sidik jari untuk menandakannya.

Fakta membuktikan bahwa setiap manusia memiliki sidik jari yang berbeda-beda, bahkan untuk saudara kembar identikpun ternyata memiliki sidik jari yang berbeda antara satu dan lainnya.

Terdapat tiga jenis bentuk sidik jari pada manusia. Yang pertama adalah whorls yang lazimnya berbentuk spiral atau memutar yang disebabkan bentuknya yang menonjol dan kontras. Yang kedua adalah bentuk arch yang memiliki bentuk pola agak datar serta garis-garis yang umunya agak menonjol. Terakhir adalah sidik jari yang hampir mirip dengan spiral namun melingkar secara utuh, sidik jari ini bernama Loop.

Kemutahiran teknologi di era modern ini sudah mampu untuk menganalisis kepemilikan sidik jari seseorang. Karena pada praktiknya, manusia akan sulit membedakan sidik jari satu dan lainnya.

Maha Besar Allah SWT yang menciptakan, “Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang-belulangnya? Bukan demikian, sebenarnya Kami kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna.” (QS Al Qiyamah : 3-4)

Itulah fakta yang menunjukan sidik jari. []

Comments
Loading...