ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Foto: Alaraby
0

Partai Buruh Australia Akui Palestina sebagai Negara

AUSTRALIA—Partai Buruh Australia Cabang New South Wales (NSW) dilaporkan telah mengakui keberadaan Palestina secara tidak sadar. Pernyataan ini terlontar ketika Partai Buruh NSW menyerukan perubahan historis dalam kebijakan luar negeri partai tersebut.

Saat ini, 137 negara telah mengakui Negara Palestina. Sedangkan Australia berada di antara negara-negara Barat terkemuka lainnya yang tidak mengakui Palestina.

Sebuah kampanye di NSW Labor, yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Australia Bob Carr, mendapat dukungan penuh pada Ahad (30/7/2017), dengan hanya satu delegasi yang memberikan suara menentang mosi tersebut.

“Sebagai cabang tertua, terbesar, negara terbesar yang tidak dapat kita kendalikan dalam sejarah. Sekarang saatnya untuk perubahan historis lain dalam kebijakan luar negeri Partai Buruh. Kita harus menyeimbangkan pengakuan kita yang adil terhadap Israel dengan pengakuan terhadap Palestina yang sama adilnya.” kata Carr, Sky News Australia melaporkan.

NSW bergabung dengan beberapa organisasi perburuhan di Australia, Tasmania, dan Queensland dalam mendukung kenegaraan Palestina, bersama dengan mantan pemimpin Kevin Rudd dan Bob Hawke.

Sebelumnya NSW menyatakan bahwa ia akan bekerja untuk mengenali Palestina jika tidak ada kemajuan menuju solusi dua negara. []

loading...
loading...