ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

4 Keberkahan di Balik Makan Berjamaah

0 412

MAKAN merupakan kebutuhan pokok yang tak bisa luput dari mahluk hidup, termasuk manusia. Seringkali kita tak sadar penting dan manfaat makan bersama-sama, maka dari itu banyak yang memilih makan sendiri. Padahal jika kita ketahui banyak manfaat  dan keberkahan  yang bisa kita dapat dari makan berjamaah ini.

Lalu apa saja keberkahan dari makan berjamaah?

Ternyata makan bersama-sama selain memberikan rasa gembira saat makan, ternyata juga mempunyai keberkahan di dalamnya. Hal ini menegaskan bahwa dalam melakukan suatu hal baik, hendaknya kita lakukan secara berjamaah agar Allah turunkan keberkahan pada kita.

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau menyatakan bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Makan satu orang itu cukup untuk dua orang. Makanan dua orang itu cukup untuk empat orang. Makanan empat orang itu cukup untuk delapan orang,” (HR. Muslim).

Hadits lainnya menunjukan, “Makanlah bersama-sama dan sebutlah nama Allah sebelumnya tentu makanan tersebut akan diberkahi,” (HR. Abu Dawud).

Dikatakan asy-Syaikh Salim bin Ied al-Hilaliy hafizhohullah, berikut beberapa keberkahan dari makan berjamah:

1. (Makan) terpisah itu dapat merampas berkah dan (makan) berjamaah itu dapat mendatangkan rasa kenyang dan berkah.

2. Menyebut nama Allah ta’ala ketika makan itu wajib dan dapat menghasilkan berkah yang diharapkan dengan memperbanyak makanan.

3. Orang yang makan sendirian kendatipun makannya banyak, akan tetap merasakan tidak cukup dan lapar berbeda dengan makan secara berjamaah meskipun makanannya sedikit.

4. Wajib bagi umat Islam untuk selalu berjamaah di dalam setiap keadaan, di dalam makan, minum dan memerangi musuh mereka dikarenakan persatuan akidah dan syariat mereka.

Hadits dan penjelasannya di atas menunjukkan bahwa diwajibkannya mengucapkan ‘bismillah’ ketika hendak makan. Dan juga disunnahkannya makan secara berjama’ah, bukan sendiri-sendiri karena padanya terdapat keberkahan dan dapat membuat orang yang makan merasa cukup saat makan. []

Sumber: Muslim

 

Comments
Loading...