4 Hari Lagi Anies Akan Buka Layanan Pengaduan Warga di Kantor Kecamatan

0

JAKARTA –Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan membuka kantor kecamatan untuk menerima pengaduan dari warga. Warga bisa mulai memanfaatkan layanan tersebut dimulai Sabtu (18/11/2017) dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB.

“Ya itu mulai tanggal 18 November. Kita ingin agar masalah-masalah bisa diselesaikan dengan cepat dan aparat di tingkat kecamatan itu memiliki cukup perangkat untuk bisa menyelesaikan,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta seperti dikutip dari Merdeka, Senin (13/11).

Mekanismenya, pengaduan warga akan ditampung terlebih dahulu. Baru keesokan harinya atau hari Seninnya di bahas bersama di tingkat Kecamatan untuk dicarikan solusinya. Jika di tingkat Kecamatan tidak bisa menyelesaikan maka akan dilimpahkan ke tingkat Wali Kota.

“Kalau mereka tidak bisa menyelesaikan di level kecamatan, maka hari Selasanya akan dibawa di pertemuan tingkat wali kota,” ungkap Anies.
Selain itu, Anies juga akan menerapkan kebijakan ‘shopping masalah’. Shopping masalah ini diartikan sebagai belanja masalah, di mana pada hari Sabtu, warga datang membawa keluhan dan masalah untuk dicarikan jalan keluar.

“justru itu didaftar, diambil, untuk diselesaikan dan disiapkan mekanismenya. Jadi, Sabtu mereka terima, Senin mereka bicarakan di level Kecamatan. Kalau tidak bisa diselesaikan, Selasa, Rabu ke tingkat wali kota, dan harus sudah ada solusi, kalau tidak ada solusi, bawa ke Balai Kota dan dibicarakan di sini,” katanya.

Pengaduan ini tidak dibuka level Kelurahan, alasannya karena di level Kecamatan lebih mudah dipantau dan lebih mudah melakukan komunikasi dengan Suku Dinas (Sudin) terkait.

“Pertama, karena dari level (Kecamatan) jumlah lebih terkontrol, monitoring lebih terkontrol. Kedua, di level Kecamatan, aparatnya lebih nyambung dengan Sudin.”[]

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline