ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini 4 Hal yang Tidak Boleh Diketahui Anak

0

Advertisements

MENDIDIK anak adalah kewajiban orang tua. Orang tua perlu memiliki kehati-hatian dalam hal pendidikan terhadap anak. Sebab, ini akan berpengaruh besar pada tumbuh kembang dan juga prilakunya kelak.

Sikap terbuka dan demokratis dalam keluarga perlu ditanamkan. Namun, tentu saja ada batasannya. Beberapa hal tertentu sebaiknya tidak perlu dirahasiakan dari sang buah hati.

Dilansir dari Daily Moslem, inilah beberapa hal yang tidak perlu diketahui sang buah hati:

Pertama yaitu kondisi keuangan keluarga.

Orang tua memang perlua melatih kedisiplinan anak, termasuk dalam hal managemen keuangan. Namun, kondisi keuangan keluarga sebaiknya tidak perlu dibeberkan kepada anak. Sebab, masalah finansial dikhawatirkan akan membuat anak rentan terhadap stres.

Related Posts
1 of 2

Kedua, pendapat orang tua tentang guru mereka.

Orang tua sebaiknya membantu anak melakukan penilaian yang objektif. Meskipun mungkin terkadang seorang anak mengeluhkan sesuatu tentang gurunya di sekolah, orang tua sebaiknya tidak memperkeruh permasalahan dengan membuat citra guru semakin buruk di mata anak. Sebab, hal itu akan mempengaruhi proses belajar dan cara pandangnya terhadap orang lain kelak.

Ketiga, pendapat tentang orang tua teman mereka.

Ketika anak mendengar pendapat orang tua tentang orang lain, cerita tersebut akan tersimpan dalam memori anak dan memengaruhi sikapnya. Oleh karena itu sebaiknya jangan menyebarkan kebencian melalui tanggapan negatif tentang orang lain, terutama orang yang mungkin memiliki kedekatan dengan diri sang buah hati seperti orangtua teman mereka.

Keempat, semua penyesalan.

Setiap orang tua pasti punya cerita atau kisah hidup masing-masing yang berisi perjuangannya selama ini. Hal itu boleh saja diceritakan kepada anak sebagai bahan renungan dan pembelajaran baginya. Namun, ada bagian yang tidak perlu diketahui sang buah hati, yaitu penyesalan-penyesalan orang tuanya dalam hidupnya. Mengapa? Sebab, hal itu dikhawatirkan dapat membebani pikiran mereka juga.[]

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline