islampos
Media islam generasi baru

Warga Sulap Gang-gang Kota Salfit jadi Taman Bunga

Foto: PIC
0

PALESTINA—Siapa saja yang memasuki gang-gang kota tua Salfit pasti akan tercengang. Pasalnya aneka bunga dan mawar serta keharumannya tertata dengan rapi di setiap sudut. Jauh dari kesan kumuh dan bau, PIC melaporkan pada Senin (10/7/2017).

Baru-baru ini, warga kota Salfit berlomba-lomba waktu untuk menghias gang-gang kecil depan rumah mereka atas keinginan sendiri tanpa dukungan dari siapapun. Sebagai contoh rumah tua milik Najia Shaheen didekorasi dengan berbagai jenis mawar dan bunga yang membawa banyak kesenangan dan kegembiraan baginya.

“Kami tidak menerima hadiah atau perintah dari siapapun. Kami menghias gang dengan bunga atas inisiatif kami sendiri. Kami menyediakan air tanpa biaya sedikitpun dari pemerintah kota. Menghias gang membuat jalan-jalan kecil terlihat cantik. Bahkan tak jarang ada wisatawan yang sengaja berkunjung,” kata Najia.

Begitu pula Nayaz Fatuni yang rajin mengumpulkan tanah merah yang penuh dengan bahan organik alami untuk ditempatkan dalam botol dan wadah plastik. Lalu ia memilih jenis bunga mawar yang paling indah untuk tumbuh dan menyiramnya dengan biaya sendiri.

“Perlu usaha semacam ini untuk membuat Salfit dan gang-gangnya menjadi indah. Keindahan ini telah memikat wisatawan dan pengunjung. Ini lebih baik daripada mengacuhkan lingkungan kami dan membiarkannya dalam kondisi buruk dan terlihat sangat tidak menyenangkan,” ungkap Mahmoud Al-Masri.

Ibrahim Al-Hamad, Direktur Departemen Pertanian Salfit, memuji usaha dan aktivitas warga lingkungan Salfit di barat dan daerah-daerah kota tua lainnya yang menanam varietas bunga mawar dan bunga lainnya.

Dia mengatakan bahwa Direktorat Pertanian mendukung upaya tersebut dan bahwa pemandangan indah bunga meningkatkan keseluruhan penampilan kota tua Salfit.

Kota tua Salfit telah mengalami penghancuran oleh pasukan Israel selama Intifadah dengan dalih digunakan sebagai lokakarya untuk memproduksi senjata.

Penduduk setempat telah meminta pejabat Otoritas Palestina untuk merenovasi beberapa bangunan tua dan bersejarah selain mendukung upaya warga untuk mempercantik gang-gang yang telah berumur ratusan tahun. []

loading...
loading...