ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

FAO: Harga Pangan Global Naik pada Juni 2017

Foto: Worldbulletin
0

AS—Harga pangan global dikabarkan telah naik pada Juni lalu. Hal ini ditunjukkan dengan harga gandum dan daging yang lebih tinggi. Keterangan ini disampaikan Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) pada Kamis (6/7/2017).

Indeks harga pangan rata-rata mencapai 175,2 poin di bulan Juni, naik 1,4 persen dibandingkan bulan Mei dan 7 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menurut organisasi tersebut, Worldbulletin melaporkan.

Indeks Harga Pangan FAO adalah indeks tertimbang perdagangan yang melacak harga pasar internasional dari lima kelompok komoditas pangan utama.

“Indeks harga sereal (olahan gandum) meningkat sebesar 4,2 persen di bulan Juni dibandingkan dengan bulan Mei, karena lonjakan harga pada gandum protein tinggi setelah panennya memburuk di AS,” kata pejabat organisasi tersebut.

“Sebaliknya, harga jagung menurun di tengah rekor panen di Amerika Selatan,” tambahnya.

Indeks harga untuk produk daging dan susu juga mengalami kenaikan di bulan Juni. Mereka naik 1,8 persen dan 8,3 persen bulan ke bulan di bulan Juni, masing-masing.

Indeks harga minyak nabati turun 3,9 persen dibanding Mei, sementara indeks harga gula turun 13,4 persen pada periode yang sama. []

loading...
loading...