islampos
Media islam generasi baru

Berdoa Tapi Tak Dikabul? Ada 3 Kemungkinan

Ilustrasi: Liputan7
0

APAKAH Anda sudah berdoa tetapi tak juga diijabah? Jika ya, Anda tak perlu cemas. Sebab, bukan hanya Anda saja yang mengalami hal itu. Ada banyak orang merasakan hal serupa seperti Anda. Tetapi, mengapa hal ini bisa terjadi?

Ketika kita berdoa, maka ada tiga kemungkinan yang akan terjadi. Apa sajakah itu? Pertama, Allah langsung mengabulkan doa yang kita pinta itu. Kedua, doa tersebut dapat menjadi benteng baginya dari keburukan sebanding dengan permintaannya. Dan terakhir, disimpan untuk di akhirat.

Sebagaimana hal ini telah disampaikan dalam hadis riwayat Ahmad yang dishahihkan oleh Al-Hakim. Di mana Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidaklah seorang muslim memanjatkan satu doa yang tidak mengandung dosa dan pemutusan silaturahim kecuali Allah memberinya salah satu dari tiga perkara, doanya tersebut dikabulkan segera, disimpan untuknya di akhirat, atau dirinya akan dijauhkan dari keburukan yang senilai dengan permohonan yang dipintanya.” Para shahabat berkata, “Kalau begitu, kami akan memperbanyak berdoa.” Rasulullah menanggapi, “Allah lebih banyak (untuk mengabulkan doa kalian).”

Maka, ketika doa Anda belum diijabah, Anda tak perlu merasa risau apalagi galau. Jangan pula terpikir dalam benak Anda bahwa Allah itu tidak menyayangi Anda. Apalagi sampai Anda mengutuk Allah, yang sudah sangat berjasa dalam hidup Anda.

Allah tahu yang terbaik untuk hidup Anda. Allah, tidak akan memenuhi segala permintaan Anda, karena boleh jadi apa yang Anda pinta itu tidak baik bagi Anda. Allah telah menyediakan hal lain yang pantas bagi Anda. Sebab, yang tidak Anda sukai itu bisa saja memberikan manfaat yang baik bagi kelangsungan hidup Anda.

Oleh sebab itu, jangan pernah berhenti berdoa kepada Allah. Sebab, Allah menyukai hamba-Nya yang selalu mengadu pada-Nya. Allah senang jika dipinta. Hal itu menandakan bahwa Anda benarlah seorang hamba yang sangat bergantung pada-Nya. Tiada Tuhan yang berhak dipinta selain Allah. Maka, percayakanlah segala urusan dan keinginan Anda hanya pada Allah. []

loading...
loading...