islampos
Media islam generasi baru

Sedekah Tak Pakai Uang, Bolehkah?

Foto: Edisi rakyat
0

Pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam telah memberitahu umatNya untuk bersedekah meskipun tak memiliki harta benda. Apa saja kira-kira sedekah yang bisa dilakukan seperti dikutip dari majalah Ummi Online berikut ini:

1. Tersenyum

“Senyummu terhadap saudaramu adalah sedekah” (H.R. Tirmidzi, no. 1956)

Cara paling mudah bersedekah di pagi hari adalah memberi senyum termanis untuk orang di sekitar kita. Hentikan wajah merengut hanya karena ibu lupa membelikan kue sarapan! Tersenyumlah padanya, juga pada semua orang rumah, tetangga, dan bahkan sopir angkot!

Jangan remehkan kekuatan di balik senyuman karena sesungguhnya keceriaan dan semangat itu bisa menular. Demikian juga kemurungan.

“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun itu hanya berupa wajah ceria di hadapan saudaramu!” (HR.Muslim, no.2626)

2. Menyebarkan salam

Pagi-pagi menyebar salam rasanya sangat super! Jangan cuma update status galau, coba deh sebar salam di sosmed kita, yang merupakan doa dan sapaan untuk seluruh muslim dunia.

“Assalaamu’alaikum warrahmatullaahi wabarakaatuh!” simple sekali bukan? Namun menyebar salam seperti ini pun jika diniatkan sedekah, maka akan memperoleh pahala sedekah.

3. Berbagi makanan

Ada rekan kerja atau teman yang lapar di pagi hari tapi tidak bawa makanan, sedangkan kita membawa bekal dari rumah? Bisa juga bersedekah dengan berbagi makanan padanya. Atau, kita bisa menyengaja membelikan makanan ringan berupa kue atau nasi bungkus untuk sekuriti di kantor misalnya.

4. Menyingkirkan paku atau penghalang di jalanan

Singkirkan hal-hal yang mengganggu perjalanan kita dan orang lain di sepanjang jalan raya merupakan salah satu bentuk sedekah juga loh! Misalnya, ada kemacetan… Jangan ragu untuk membantu menguraikan kemacetan jika kita bisa melakukannya, karena membantu orang lain seperti ini juga terhitung sebagai sedekah.

5. Berhubungan suami istri

Bagi pasutri muslim, hubungan suami istri tak hanya sekadar ekspresi cinta atau pelampiasan syahwat semata, namun juga bisa berarti sedekah dan bernilai ibadah. Asal diniatkan demikian.

“Hubungan intim (dengan istrimu) adalah sedekah.” (HR. Muslim, no.1006) Wallahua’lam Bissowab.[]

Para Pembaca Islampos yang dirahmati oleh Allah SWT, mudah-mudahan kita dapat bersedekah walaupun tanpa uang sekalipun, Aamiin Allahumma Aamiin.[]

 

loading...
loading...