islampos
Media islam generasi baru

Dokter Anak Saudi: Kecanduan Gadget Picu Anak jadi ‘Lemot’

Foto: techcitynews
0

ARAB SAUDI—Seorang dokter anak Saudi dikabarkan telah memperingatkan bahaya gadget bagi balita. Kecanduan gadget dan komputer berlebihan bagi balita akan memicu gangguan psikologis serta penyakit lain termasuk lemahnya penglihatan dan ingatan.

“Orangtua yang mengizinkan bayi dan balita mengakses gawai dan komputer selama beberapa jam sehari menyebabkan efek jangka panjang yang berbahaya,” kata Dr. Yacoub Haddad, seorang dokter konsultan spesialis anak di Rumah Sakit Al-Hammadi, Riyadh.

“Anak-anak mungkin memerlukan terapi perilaku berontak jika mereka merasa tertekan dan tidak dapat dihibur saat tablet diambil darinya,” tambahnya sebagaimana laporan IINA, Selasa (4/7/2017).

Haddad mengatakan, orang tua harus memastikan anak-anak mereka lebih sedikit menghabiskan waktu dengan gadget sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan lingkungan sekitar mereka dan berkembang dengan baik.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh sebuah panel psikiater, jumlah orang yang telah mengalami ketergantungan gadget telah meningkat 30 persen selama tiga tahun terakhir. Seorang dokter anak Dr. Harish Kumar menjelaskan, “Paparan radiasi juga dapat berperan dalam menumbuhkan banyak masalah serius pada anak-anak maupun orang dewasa. “

“Anak-anak yang menggunakan ponsel pintar dan tablet secara berlebihan dapat mengalami kehilangan fungsi penglihatan, kekurangan fungsi pendengaran, menyebabkan autisme, perubahan perilaku, insomnia, terjangkit penyakit telinga berdenging (tinnitus), Alzheimer, dan gangguan pada sistem saraf,” katanya.

Dr Richard Graham, yang meluncurkan program kecanduan teknologi pertama di Inggris empat tahun lalu, mengatakan bahwa anak-anak mengalami gejala kecanduan yang sama dengan pecandu alkohol atau heroin saat perangkat tersebut dibawa pergi. []

loading...
loading...