islampos
Media islam generasi baru

Belanda Geram 60 Panel Surya Bantuannya Dihancurkan Israel

Foto: Twitter
0

PALESTINA—Belanda dilaporkan telah mengutuk tindakan Israel yang menyita puluhan panel surya yang digunakan sebagai sumber listrik alternatif. Panel surya ini terletak di sebuah desa terpencil Tepi Barat dan didonasikan oleh pemerintah Belanda.

Menurut laporan Palestinechronicle, pasukan Israel telah merampas dan menghancurkan sekitar 60 panel surya di desa terpencil Jubbet al-Dhib, Kota Bethlehem di Tepi Barat pada Rabu (26/7/2017) pekan lalu.

Panel surya ini telah dipasang tahun 2016 lalu sebagai sumbangan dari Belanda. Namun belum sampai setahun, Israel menghancurkan panel surya ini dengan dalih dibangun tanpa mendapatkan izin.

Menurut laporan Haaretz pada Sabtu (1/7/2017), Kementerian Luar Negeri Belanda bereaksi terhadap tindakan sewenang-wenang Israel. Pemerintah Belanda melayangkan protes keras lantaran panel surya sumbangannya dihancurkan tanpa alasan.

Saat ini Kementerian Luar Negeri Belanda telah meminta Israel agar segera mengembalikan peralatan tersebut dan akan memikirkan langkah selanjutnya. []

loading...
loading...