Dr Patel; Kisah Kegigihan Dokter Gigi Muslim Bantu Masyarakat Amerika

Foto: Worldbulletin
0

KETIKA ia berimigrasi ke Amerika sekitar 30 tahun yang lalu, dr. Makbul Patel mengalami bagaimana musim dingin dan salju benar-benar menusuk tulangnya, keadaan yang ia tidak alami selama di negaranya, India.

Dr. Patel, yang tinggal di Riverside dengan istrinya datang ke Amerika Serikat tepatnya di Chicago untuk belajar mengembangkan ilmunya sebagai dokter gigi.

Dalam sebuah artikel di The Press Enterprise, Dr. Patel menjelaskan bagaimana orang-orang yang tinggal di California memanggilnya. Dan tiga puluh tahun kemudian ia melayani pasien di Inland Empire dan membantu masyarakat.

Sang dokter-pun mendapat pengakuan dari pemerintah kota pada akhir 2014 ketika ia menerima pengaharagaan Riverside Heroes Award.

Dr. Patel juga mendirikan Al-Shifa Dental Clinic, sebuah klinik gigi gratis di San Bernardino yang menyediakan perawatan bagi siapapun terlepas dari pendapatan mereka, latar belakang sosial, agama, ras atau etnis.

Dr. Patel, seorang Muslim yang taat, ia melihat misinya untuk membantu orang yang membutuhkan, dan itu adalah tugas dan kewajiban, katanya.

“Dalam keyakinan saya, obat-obatan adalah profesi yang mulia,” katanya. “Jadi melayani masyarakat merupakan salah satu hal yang mulia untuk dilakukan.”

Patel aktif membantu masyarakat, terutama karena ia melihat peningkatan tajam dalam sentimen anti-Muslim setelah serangan 9/11 teroris. Ia melakukan beberapa upaya untuk menghubungkan komunitas Muslim dengan Riverside, mendirikan acara Open Mosque Day mengundang masyarakat untuk mengunjungi dan belajar tentang Islam.

Dia juga selalu mengadakan acara tahunan Ramadan di Riverside, sebuah acara yang mengajak warga dari berbagai agama dan lapisan masyarakat bersama-sama.

Omar Zaki, yang bertemu Patel lebih dari 15 tahun yang lalu di Islamic Center, setelah mendapatkan pengahargaan Heroes Award, apa yang dilihatnya dari Patel, adalah kemampuannya untuk memberi dan mengenalkan Islam yang sesungguhnya.

“Sebagai seorang Muslim, ia sangat bertanggung jawab untuk membantu orang lain. Dia melakukan ini tanpa meminta dirinya.”

Zaki ingat bagaimana Patel menggelar sebuah acara tahunan bagi siswa yang lulus dari sekolahnya dan melanjutkan ke perguruan tinggi, memberikan setiap pemuda hadiah dan memberika mereka semangat dan dorongan.

“Orang ini benar-benar mencoba untuk menunjukkan kepada semua orang apa yang ia lakukan sebagai seorang Muslim yang baik,” kata Zaki.

“Dia melakukannya dengan kemurahan hatinya. Kita sebagai Muslim Amerika membutuhkan lebih Dr. Patel.”

Patel, lahir menjadi salah satu dari 10 anak di Gujarat, India di keluarganya yang menjadi seorang dokter gigi . keteladannya bersinar dan mendorong anak dan keponakannya-pun untuk menempuh studi kedokteran gigi.

“Saya selalu ingin melakukan hal ini,” katanya. “Saya datang ke sini dan melihat banyak orang yang datang ke kantor gigi saya tanpa asuransi. Saya sedang mencari kesempatan yang baik. Saya selalu ingin memberikan sesuatu kepada masyarakat, ” demikian katanya seperti dkutip dari Worldbulletin. []

loading...
loading...

You might also like More from author

Comments

Loading...