ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Mumpung Kita Masih Hidup

Foto: Abu Umar/Islampos
0

Oleh: NS Risno
ensrisno@gmail.com

KITA hidup di dunia ini tidak selamanya. Pasti kita akan meninggalkan dunia. Kapan waktunya, dimana tempatnya kita tidak pernah tahu. Tapi yang jelas kita ini sedang antre menunggu giliran Malaikat Maut datang mencabut nyawa kita.

Karena itu, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan agar kesempatan yang diberikan Allah kepada kita berupa hidup ini kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Beliau berpesan, “Manfaatkan lima perkara sebelum kedatangan lima perkara, manfaatkan masa mudamu sebelum datang masa rentamu, manfaatkan masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, manfaatkan masa kayamu sebelum datang masa faqirmu, manfaatkan masa sempatmu sebelum datang masa sibukmu, dan manfaatkan masa hidupmu sebelum datang masa kematianmu,” (HR : Al Hakim).

Hadist di atas secara yakni menganjurkan kita untuk memanfaatkan masa hidup ini untuk mengumpulkan bekal sebaik-baiknya dan sebanyak banyaknya. Karena hidup kita ini tidak hanya di alam dunia. Kalau kita sudah mati tidak berarti selesai sudah urusannya. Ada kebangkitan setelah kematian, ada kehidupan lagi sesudah kehidupan di alam dunia ini, yaitu kehidupan di alam akhirat, kehidupan yang abadi selamanya.

Dan di kehidupan alam akhirat tidak ada bekal yang bisa kita bawa selain bekal amal sholih.

Dalam hal ini Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam juga kembali mengingatkan kepada kita agar kesempatan yang diberikan Allah kepada kita berupa kesempatan hidup ini kita gunakan untuk bersegera mengerjakan amal sholih.

“Segeralah kamu berbuat kebaikan sebelum terjadinya berbagai fitnah, bagaikan malam yang gelap. Yang pada saat itu seorang yang beriman pada pagi hari akan dapat menjadi kafir pada sore harinya. Dan orang yang beriman pada sore harinya dapat menjadi kafir pada pagi harinya. Selain itu, ia juga menjual agamanya dengan harta benda dunia,” (HR : Muslim).

Nah, sekali lagi, mumpung masih hidup, mumpung kematian belum datang menghampiri kita, mumpung kesempatan ini masih ada bersegeralah jangan menunda-nunda lagi. “Bersegeralah kalian kepada ampunan Rabb kalian dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang orang yang bertakwa,” (Ali Imron (3) :133). Wallahu a’lam. []

Magetan, Ramadhon 1438 H

Kirim pengalaman hidup Anda untuk rubrik RENUNGAN lewat imel ke: islampos@gmail.com, paling banyak 2 halaman MS Word.

loading...
loading...